Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk Pembiayaan Pensiun PT. BSI KCP Lubuk Basung
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v7i1.826Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Produk Pembiayaan PensiunAbstract
Pertumbuhan nasabah produk pembiayaan pensiun di PT. BSI KCP Lubuk Basung dari tahun 2021-2024 mengalami peningkatan pertahunnya, tetapi selisih jumlah nasabah pertahun rentan sangat kecil dan jumlah nilai kontrak pertahun masih belum mencapai target bank. Oleh kaerna itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi yang dapat diterapkan oleh PT. BSI KCP Lubuk Basung dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan pensiun. Dalam konteks yang semakin kompetitif ini, di mana berbagai lembaga keuangan menawarkan produk serupa dan berlokasi di area yang saling berdekatan, sangat diperlukan pendekatan yang tepat untuk memenangkan persaingan pasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan lapangan untuk mengamati fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang diterapkan meliputi analisis SWOT, analisis matriks IFE dan EFE, serta analisis matriks SWOT dan total bobot skor. Berdasarkan analisis yang dilakukan, strategi-strategi tertentu dapat diterapkan oleh PT. BSI KCP Lubuk Basung untuk meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan pensiun secara signifikan dengan menggunakan strategi SO yaitu mengembangkan produk pembiayaan pensiun dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia dan menghandalkan SDM yang terampil. Meningkatkan promosi melalui berbagai media serta sosialisasi secara langsung (door-to-door). Meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah dengan pelayanan yang professional. Memperkuat merek dengan tetap menjaga nilai syariahnya sebagai identitas utama.
Downloads
References
Cipta, H. (2020). Analisis SWOT: Integrasi Industri Halal dan Perbankan Syariah di Indonesia. Bangka Belitung: Shiddiq Press.
Fauzi, A. (2008). Sistem Pembiayaan Jaminan Sosial. Jakarta: Gramedia.
Haque-Fawzi, M. G. (2021). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori, dan Implementasi. Banten: Pascal Books.
Kasmir. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Universitas Indonesia.
Porter, M. E. (1985). Keunggulan Kompetitif: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: Free Press.
Sudibyo, B. (2017). Pembiayaan Pensiun. Jakarta: Universitas Indonesia.
Abdhad, Muhammad. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada BRI Syariah Banjarbar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 5(1), 1–14.
Rozali, Asep. (2011). Prinsip Mengenal Nasabah dalam Praktik Perbankan. Jurnal Wawasan Hukum, 24(01), 148-158.