Potensi Integrasi Living Hadis Dalam Produk Skincare Halal: Fondasi Etika, Spiritual, Dan Keberlanjutan
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v7i2.970Keywords:
Bisnis Skincare, Ekonomi, Spiritual, Living Hadis, Kesehatan KulitAbstract
Tren bisnis skincare telah menjadi fenomena global yang menggoda berbagai lapisan masyarakat, terutama kalangan muda yang semakin sadar akan pentingnya perawatan kulit. Fenomena ini menciptakan peluang ekonomi yang signifikan di berbagai negara, tidak hanya berbicara tentang kecantikan fisik, tetapi juga mencakup dimensi ekonomi, spiritual, dan nilai-nilai agama, khususnya yang terkandung dalam hadis-hadis tentang berhias. Artikel ini mengkaji bagaimana prinsip "Living Hadis" dapat diterapkan untuk menciptakan pengalaman bisnis yang menyenangkan, dengan mengambil inspirasi dari Siti Khadijah sebagai pengusaha sukses dalam sejarah Islam. Salah satu aspek utama yang diangkat adalah konsep berhias sebagai sunnah, yang mendorong individu untuk merawat diri dengan cara yang sesuai dengan nilai-nilai agama. Di sisi lain, aspek ekonomi juga menjadi perhatian, di mana bisnis skincare berperan sebagai motor penggerak perekonomian melalui penciptaan lapangan kerja, pemberdayaan perempuan, dan penguatan industri halal dan memperkenalkan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan menggabungkan nilai kejujuran, ketangguhan, dan inovasi yang melekat pada sosok Siti Khadijah, bisnis skincare dapat membangun fondasi yang kokoh berdasarkan prinsip-prinsip etika, keberlanjutan, dan spiritualitas. Pendekatan ini tidak hanya menawarkan produk berkualitas tinggi tetapi juga menciptakan hubungan emosional dengan konsumen melalui pesan inspiratif dan autentisitas. Studi ini memberikan wawasan tentang bagaimana integrasi nilai-nilai sunnah, aspek ekonomi, dan strategi bisnis modern dapat menciptakan daya tarik unik dalam pasar yang kompetitif. Sebuah bangunan living hadis akan mudah berkelanjutan apabila terintegrasi dalam hobi keseharian yang menyenangkan dan memilik prospek ekonomi yang bagus di masa mendatang.
Downloads
References
A, Dean Amri, Sherna P, Putri Marpaung A, Mariatul Kiptiah A, Zulfikar B, and Alfarizie Hasibuan. “The Influence of Islamic Branding, Halal Awareness, and Product Ingredients on Purchasing Decisions of Cosmetic and Skincare Products.” Journal of Sharia Economics with CC BY SA License 5, no. 1 (2023).
A, Fauzi. “Pakaian Wanita Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam.” Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah 14, no. 1 (2016): 41–58.
A, Pasutri, Rahmi Madir Harahap F, Nirwana Hutabarat N, Desyura R, and Mayasari F. “As-Sunnah Sebagai Sumber Hukum Kedua Dalam Ekonomi Islam.” Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i6.1404.
A, Rahmania Izzati, Mariska R, Windianti S, Nur Fahya A, Eko Febrianto A, and Andini Ekaptiningrum P. “PELAKSANAAN BEAUTY CLASS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN POTENSI DIRI WANITA MUDA DI DESA KARANGANYAR BERSAMA WARDAH BEAUTY,” 2023.
Abdullah Haidir. “Kisah -Kisah Wanita Teladan,” 2005.
Adinda, Zahra. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Skincare Pada E-Commerce: Implementasi Sistem Informasi Manajemen.” SINTAMA: Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen, 2024.
Alfikri, Ahmad Faiz Shobir. “PENDEKATAN BURHANI DALAM PPEMENUHAN NAFKAH SKINCARE DAN KOSMETIK DALAM ISLAM.” Journal of Islamic Discourses, 2024.
Alhuda, Nur Hanifa. “HADIS-HADIS TENTANG TABARRUJ (Kajian Ma’ani Al-Hadis),” 2004.
Alodokter.com. “10 Skincare Untuk Pria Terbaik Yang Praktis Digunakan,” 2023.
Anugrah, Neng Wulan. “12 Rekomendasi Skincare Yang Bagus Dan Aman Untuk Bayi,” 2024.
Azizah, Rohmatul. “Khadijah Binti KhuwailidDan Perannya Dalam Perjuangan Rasulullah SAW.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 2023.
BPOM. “Cosmetic Handbook, Cara Pintar Mempromosikan Kosmetik,” 2023.
Firdaus MY. “Etika Berhias Perspektif Tafsir Al-Munir: Sebuah Kajian Sosiologis.” Jurnal Penelitian Ilmu, 2021.
Hadi, Fatimah Salwa Abd. “FAKTOR-FAKTOR KEJAYAAN PERNIAGAAN KHADIJAH BINTI KHUWAILID: ANALISIS TERHADAP USAHAWAN ASNAF DI LEMBAGA ZAKAT SELANGOR.” Jurnal Syariah 21 (2013).
Haqi, Muhammad Fuad Abdul. “Shahih Bukhari Muslim Al Lu’lu’ Wal Marjan,” 2017.
Herianti. “PANDUAN MAQASID SYARIAH UNTUK KONSUMEN SKINCARE: INTEGRASI HALAL, KESEHATAN, DAN KEBERLANJUTAN.” Juremi : Jurnal Riset Ekonomi, 2024.
Herlina, Marizsa. “Halal Awareness of Muslim Millennials Toward Cosmetics and Skincare Decision.” Halal Awareness of Muslim Millennials Toward Cosmetics and Skincare Decision, 2020.
Intan, Berliana. “8 Kunci Keberhasilan Bisnis Siti Khadijah, Bisa Jadi Teladan Calon Pengusaha,” 2023.
Khasanah, Mahfidhatul. “Adab Berhias Muslimah PerspektifMa’nā-Cum-MaghzātentangTabarrujdalam QS Al-Ahzab 33.” Al-Adabiya:Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 2021.
Marzuki, Muhammad Bahrul. “Era Pandemi Dan Resesi, Bisnis Kecantikan Tambah Subur Di Indonesia, Kok Bisa Ya?,” 2023.
Mu’arofah, Lailatul. “Pemenuhan Kebutuhan Isteri Dalam Berhias Diluar Rumah.” SAKINA: JOURNAL OF FAMILY STUDIES, 2023.
Mu’awanah, Siti. “PELUANGBISNISBAGI WANITA DI ERA DIGITAL DALAMPERSPEKTIFAL-QURAN STUDIKEBERHASILAH KHADIJAH DALAMBERBISNIS.” Nida’ Al-Qur’an 20, no. 1 (2022).
Muhajirin, I. “STUDI HADIS LARANGAN BERHIAS BAGI WANITA BERIHDAD (Analisis Sosiologis Terhadap Wanita Karier,” 2022.
Nabila, Mutiara. “Sosok Nurhayati Pemilik Wardah, Crazy Rich Pelopor Kosmetik Halal Terbesar Di Indonesia,” 2024.
Sofia, Hanni. “Meramalkan Resesi Ekonomi Dengan Sebuah Lipstik,” 2024.
Surahman, Putri Astrian. “Berawal Dari Usaha Rumahan Wardah Jadi Pionir Kosmetik Halal Dan Utamakan Kebermanfaatan,” 2024.
Theresia. “70 Rekomendasi Skincare Untuk Bayi Terbaik [Ditinjau Oleh Dermatovenereologist].” 2024, n.d.
U, Sangga, Ypkp B, and Mulyanti D. “Etika Pedagang Menurut Al-Qur’an Dan Sunnah: Studi Literature Didik Udayana.” Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS) 2 (2023).
Yakin & Rizqiyatul Fitriyah. “SENTRALISASI KEBUTUHAN SKINCARE HALAL BAGI SANTRI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PESANTREN.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 3 (2023).
Yusri, Andi Arfan. “Sejarah Skincare Dari Mesir Kuno Hingga Era Modern,” 2024.
Z, Adinda, and Azira M. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Skincare Pada E-Commerce: Implementasi Sistem Informasi Manajemen.” Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen, 2024.
Zaki, K. “The Role of Environment in Responding to Halal Skincare Products in Indonesia.” Journal Physic Conference, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.