Potensi Integrasi Living Hadis Dalam Produk Skincare Halal: Fondasi Etika, Spiritual, Dan Keberlanjutan
DOI:
https://doi.org/10.51311/istikhlaf.v7i2.970Keywords:
Bisnis Skincare, Ekonomi, Spiritual, Living Hadis, Kesehatan KulitAbstract
Pertumbuhan industri skincare global semakin pesat seiring meningkatnya kesadaran konsumen terhadap kesehatan kulit, keamanan produk, dan kebutuhan akan skincare halal. Namun, penelitian akademik masih cenderung menyoroti aspek pemasaran, perilaku konsumen, serta sertifikasi, sementara landasan normatif Islam, khususnya hadis, belum banyak dijadikan pijakan konseptual. Artikel ini bertujuan mengkaji potensi integrasi Living Hadis dalam bisnis skincare kontemporer. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka dengan analisis tematik terhadap literatur hadis, kajian living hadis, dan riset terbaru mengenai industri skincare halal. Hasil kajian mengungkap bahwa hadis tentang kebersihan, perawatan diri, dan kepedulian terhadap lingkungan dapat menjadi fondasi etika dan spiritual bagi model bisnis skincare berkelanjutan. Implementasinya tampak pada penggunaan bahan halal, transparansi proses produksi, serta komitmen menjaga keberlanjutan lingkungan. Artikel ini memberikan kerangka konseptual yang memadukan nilai sunnah dan strategi bisnis modern, sehingga memperkuat identitas Islami sekaligus meningkatkan daya saing industri skincare halal.
Downloads
References
A, Dean Amri, Sherna P, Putri Marpaung A, Mariatul Kiptiah A, Zulfikar B, and Alfarizie Hasibuan. “The Influence of Islamic Branding, Halal Awareness, and Product Ingredients on Purchasing Decisions of Cosmetic and Skincare Products.” Journal of Sharia Economics with CC BY SA License 5, no. 1 (2023).
A, Fauzi. “Pakaian Wanita Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam.” Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah 14, no. 1 (2016): 41–58.
A, Pasutri, Rahmi Madir Harahap F, Nirwana Hutabarat N, Desyura R, and Mayasari F. “As-Sunnah Sebagai Sumber Hukum Kedua Dalam Ekonomi Islam.” Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i6.1404.
A, Rahmania Izzati, Mariska R, Windianti S, Nur Fahya A, Eko Febrianto A, and Andini Ekaptiningrum P. “PELAKSANAAN BEAUTY CLASS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN POTENSI DIRI WANITA MUDA DI DESA KARANGANYAR BERSAMA WARDAH BEAUTY,” 2023.
Abdullah Haidir. “Kisah -Kisah Wanita Teladan,” 2005.
Adinda, Zahra. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Skincare Pada E-Commerce: Implementasi Sistem Informasi Manajemen.” SINTAMA: Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen, 2024.
Alfikri, Ahmad Faiz Shobir. “PENDEKATAN BURHANI DALAM PPEMENUHAN NAFKAH SKINCARE DAN KOSMETIK DALAM ISLAM.” Journal of Islamic Discourses, 2024.
Alhuda, Nur Hanifa. “HADIS-HADIS TENTANG TABARRUJ (Kajian Ma’ani Al-Hadis),” 2004.
Alodokter.com. “10 Skincare Untuk Pria Terbaik Yang Praktis Digunakan,” 2023.
Anugrah, Neng Wulan. “12 Rekomendasi Skincare Yang Bagus Dan Aman Untuk Bayi,” 2024.
Azizah, Rohmatul. “Khadijah Binti KhuwailidDan Perannya Dalam Perjuangan Rasulullah SAW.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 2023.
BPOM. “Cosmetic Handbook, Cara Pintar Mempromosikan Kosmetik,” 2023.
Firdaus MY. “Etika Berhias Perspektif Tafsir Al-Munir: Sebuah Kajian Sosiologis.” Jurnal Penelitian Ilmu, 2021.
Hadi, Fatimah Salwa Abd. “FAKTOR-FAKTOR KEJAYAAN PERNIAGAAN KHADIJAH BINTI KHUWAILID: ANALISIS TERHADAP USAHAWAN ASNAF DI LEMBAGA ZAKAT SELANGOR.” Jurnal Syariah 21 (2013).
Haqi, Muhammad Fuad Abdul. “Shahih Bukhari Muslim Al Lu’lu’ Wal Marjan,” 2017.
Herianti. “PANDUAN MAQASID SYARIAH UNTUK KONSUMEN SKINCARE: INTEGRASI HALAL, KESEHATAN, DAN KEBERLANJUTAN.” Juremi : Jurnal Riset Ekonomi, 2024.
Herlina, Marizsa. “Halal Awareness of Muslim Millennials Toward Cosmetics and Skincare Decision.” Halal Awareness of Muslim Millennials Toward Cosmetics and Skincare Decision, 2020.
Intan, Berliana. “8 Kunci Keberhasilan Bisnis Siti Khadijah, Bisa Jadi Teladan Calon Pengusaha,” 2023.
Khasanah, Mahfidhatul. “Adab Berhias Muslimah PerspektifMa’nā-Cum-MaghzātentangTabarrujdalam QS Al-Ahzab 33.” Al-Adabiya:Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 2021.
Marzuki, Muhammad Bahrul. “Era Pandemi Dan Resesi, Bisnis Kecantikan Tambah Subur Di Indonesia, Kok Bisa Ya?,” 2023.
Mu’arofah, Lailatul. “Pemenuhan Kebutuhan Isteri Dalam Berhias Diluar Rumah.” SAKINA: JOURNAL OF FAMILY STUDIES, 2023.
Mu’awanah, Siti. “PELUANGBISNISBAGI WANITA DI ERA DIGITAL DALAMPERSPEKTIFAL-QURAN STUDIKEBERHASILAH KHADIJAH DALAMBERBISNIS.” Nida’ Al-Qur’an 20, no. 1 (2022).
Muhajirin, I. “STUDI HADIS LARANGAN BERHIAS BAGI WANITA BERIHDAD (Analisis Sosiologis Terhadap Wanita Karier,” 2022.
Nabila, Mutiara. “Sosok Nurhayati Pemilik Wardah, Crazy Rich Pelopor Kosmetik Halal Terbesar Di Indonesia,” 2024.
Sofia, Hanni. “Meramalkan Resesi Ekonomi Dengan Sebuah Lipstik,” 2024.
Surahman, Putri Astrian. “Berawal Dari Usaha Rumahan Wardah Jadi Pionir Kosmetik Halal Dan Utamakan Kebermanfaatan,” 2024.
Theresia. “70 Rekomendasi Skincare Untuk Bayi Terbaik [Ditinjau Oleh Dermatovenereologist].” 2024, n.d.
U, Sangga, Ypkp B, and Mulyanti D. “Etika Pedagang Menurut Al-Qur’an Dan Sunnah: Studi Literature Didik Udayana.” Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS) 2 (2023).
Yakin & Rizqiyatul Fitriyah. “SENTRALISASI KEBUTUHAN SKINCARE HALAL BAGI SANTRI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PESANTREN.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 3 (2023).
Yusri, Andi Arfan. “Sejarah Skincare Dari Mesir Kuno Hingga Era Modern,” 2024.
Z, Adinda, and Azira M. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Skincare Pada E-Commerce: Implementasi Sistem Informasi Manajemen.” Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen, 2024.
Zaki, K. “The Role of Environment in Responding to Halal Skincare Products in Indonesia.” Journal Physic Conference, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





