Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.119Keywords:
Metode Resitasi, Minat Belajar, Mata Pelajaran IPAAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas IV MIS Raudhatul Mujawwidin pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MIS Raudhatul Mujawwidin pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MIS Raudhatul Mujawwidin. Minat belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% pada masing-masing indikator minat belajar. Persentase minat belajar siswa pada pra siklus adalah 47,17%. Pada siklus I sebesar 62,20%, dan pada siklus II mencapai 79,24%. Berdasarkan hasil analisis data, maka penerapan metode resitasi pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MIS Raudhatul Mujawwidin. Peningkatan minat belajar yang cukup signifikan terlihat pada indikator perasaan senang siswa terhadap pembelajaran, yaitu 59,67% pada pra siklus, 68,93% pada siklus I, dan 83,28% pada siklus II.
Kata Kunci: Metode Resitasi, Minat Belajar, Mata Pelajaran IPA.
Downloads
References
Abdul Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2015.
Ferry Sulistiyono. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas I Melalui Metode Story Telling di SD N Gembongan Sentolo Kulon Progo†(Skripsi, FIP Universitas Negeri Yogyakarta, 2014).
H. Cholil dan Sugeng Kurniawan. Psikologi Pendidikan: Telaah Teoritik dan Praktik. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011.
Isriani Hardini dan Dewi Puspitasari, Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep, & Implementasi. Yogyakarta: Familia, 2012.
Jamil Suprihatiningrum. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2013.
Jumanta Hamdayama. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi aksara, 2016.
Khanifatul. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengolah Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Moh Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Muhammad Fathurrohman. Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2015.
Muhammad Yaumi. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana, 2017.
Ngainun Naim. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Novan Ardy Wiyani. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Nur Khalida Prettiana. “Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Siswa Kelas V SD N 1 Sedayu Bantul†(Skripsi, FIP Universitas Negeri Yogyakarta, 2016).
Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006. Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar Menengah. https://www.scribd.com/mobile/doc/48620155/lampiran- permendikas-nomor-22-tahun-2006tentang-standar-isi-lampiran-SD-MI
Purwa Atmaja Prawira. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
R. Hidayah. “Bab III Metode Penelitian.†Repo.iain-tulungagung.ac.id.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Trianto. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana, 2011
Ujang Erianto. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Krapyak Wetan†(Skripsi, FIP Universitas Negeri Yogyakarta, 2016).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.