DRILLS AND PRACTICE DENGAN PROSEDUR PENGKLASIFIKASIAN PADA PEMBELAJARAN TATA NAMA SENYAWA ANORGANIK DI SMA

Authors

  • Mona Novita Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yasni Muara Bungo

Abstract

Tata nama senyawa anorganik dapat dikuasai siswa dengan melakukan latihan atau pengulangan dengan menjawab soal-soal. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berlatih adalah menggunakan strategi drills and practice dengan prosedur atau proses berpikir pengklasifikasian senyawa anorganik. Dalam drills and practice terdapat sejumlah pertanyaan atau soal yang bervariasi yang akan dikerjakan siswa, umpan balik (feed back) atas jawaban siswa, pengukuhan (reinforcement) dan pembahasan setiap soal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media belajar dengan strategi drills and practice yang dapat membantu siswa mempermantap konsep tata nama senyawa anorganik. Media ini dapat digunakan dalam belajar mandiri pengisi waktu senggang siswa. Selain itu penelitian juga untuk mengetahui kelayakan media per aspek fungsi media serta mengetahui karakteristik media yang dibuat. Pembuatan media belajar dengan strategi drills and practice ini dibuat dengan menggunakan program Macromedia Flash Professional 8 dan didukung dengan program lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development  (R&D), yaitu menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Uji kelayakan dilakukan pada siswa kelas X-2 SMAN 7 Padang, mahasiswa kimia UNP, guru kimia SMAN 7 Padang dan dosen kimia UNP. Instrumen yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala Likert dan lembaran observasi dalam bentuk rating scale. Hasil analisis angket menunjukkan skor rata-rata kelayakan media secara keseluruhan adalah 4,17.  Jika skor  ini diinterpretasikan pada kategori kelayakan dengan nilai standar kelayakan r ≥ 3, media berbasis komputer dengan strategi drills and practice ini sangat layak digunakan siswa dalam belajar mandiri mempermantap konsep tata nama senyawa anorganik dan pengisi waktu senggang bagi siswa.

Kata Kunci: Drills and Practice, Prosedur Pengklasifikasian, Tata Nama Senyawa Anorganik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-01

How to Cite

Novita, M. (2016). DRILLS AND PRACTICE DENGAN PROSEDUR PENGKLASIFIKASIAN PADA PEMBELAJARAN TATA NAMA SENYAWA ANORGANIK DI SMA. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 104–125. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/82