Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Mendorong Internalisasi Nilai Moderasi di Perguruan Tinggi Umum (Studi pada Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo)
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.524Keywords:
Optimalisasi, Pendidikan Agama Islam, Internalisasi, ModerasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya optimalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mendorong internalisasi nilai moderasi di lingkungan perguruan tinggi umum, khususnya di Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo. Melibatkan kurikulum, metode pembelajaran, peran dosen, dan kebijakan institusi, penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana sebuah institusi pendidikan tinggi mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Islam dalam konteks keberagaman dan kompleksitas masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo telah melakukan langkah-langkah konkret untuk memastikan pemahaman dan penerapan nilai moderasi di antara mahasiswa. Integrasi kurikulum PAI, beragam metode pembelajaran, peran aktif dosen sebagai role model, dan dukungan institusional merupakan komponen kunci dalam upaya tersebut.
Downloads
References
Abdussalam, A. (2017) Pembelajaran dalam Islam. Yogyakarta : Maghza Pustaka.
Alim, M. (2006) Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Azzahrah, et al (2018) ‘Internalisasi Nilai Religius pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Muatan Lokal Bahasa Jawa di Lembaga Pendidikan.'Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan.16(3)
Dawood,M.M.E, S. H dan S.Asofa. (2017). Moderat dan Prinsip Kemudahan. Yogyakarta: Idea Press
Kholid, AS Moh. “Menggalakkan (lagi) Pendidikan Toleransi”. Media Indonesia, 14 Januari 2013
Maarif, M.A., 2019. Internalisasi Nilai Multikulutural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi (Studi Di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang). Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), pp.164-189
Ma'rifataini,L.(2018) ‘Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 11 Bandung'. Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan 16(1)
Poerwadarminta,W.J.S. (2009). Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Qiqi Yuliati dan Rusdiana. (2014) Pendidikan Nilai; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung; Pustaka Setia.
Qowaid, Q., 2016. Character Education Through Religious Education In Sman 2 Semarang. Jurnal Dialog, 39(2), pp.209- 226.
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018) Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (2)
Suryana, T. (2009) Tutorial Handbook Pendidikan Agama Islam MKDU FPIPS UPI. Bandung: UPI.
Wafi, Abdul (2017), Konsep dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Edureligia Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1, No. 2, Juli – Desember 2017
Yaumi, M. (2016) Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zuchdi, D. (2008) Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.