Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Mendorong Internalisasi Nilai Moderasi di Perguruan Tinggi Umum (Studi pada Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo)

Authors

  • Siti Khamim Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Nuryanti Siregar STAI Tapanuli Padangsidimpuan
  • Helmi Rostiana Dasopang STAI Tapanuli Padangsidimpuan
  • Afni Lindra STIT Ahlusunnah

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.524

Keywords:

Optimalisasi, Pendidikan Agama Islam, Internalisasi, Moderasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya optimalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mendorong internalisasi nilai moderasi di lingkungan perguruan tinggi umum, khususnya di Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo. Melibatkan kurikulum, metode pembelajaran, peran dosen, dan kebijakan institusi, penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana sebuah institusi pendidikan tinggi mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Islam dalam konteks keberagaman dan kompleksitas masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo telah melakukan langkah-langkah konkret untuk memastikan pemahaman dan penerapan nilai moderasi di antara mahasiswa. Integrasi kurikulum PAI, beragam metode pembelajaran, peran aktif dosen sebagai role model, dan dukungan institusional merupakan komponen kunci dalam upaya tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam, A. (2017) Pembelajaran dalam Islam. Yogyakarta : Maghza Pustaka.

Alim, M. (2006) Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Azzahrah, et al (2018) ‘Internalisasi Nilai Religius pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Muatan Lokal Bahasa Jawa di Lembaga Pendidikan.'Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan.16(3)

Dawood,M.M.E, S. H dan S.Asofa. (2017). Moderat dan Prinsip Kemudahan. Yogyakarta: Idea Press

Kholid, AS Moh. “Menggalakkan (lagi) Pendidikan Toleransi”. Media Indonesia, 14 Januari 2013

Maarif, M.A., 2019. Internalisasi Nilai Multikulutural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi (Studi Di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang). Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), pp.164-189

Ma'rifataini,L.(2018) ‘Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 11 Bandung'. Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan 16(1)

Poerwadarminta,W.J.S. (2009). Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Qiqi Yuliati dan Rusdiana. (2014) Pendidikan Nilai; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung; Pustaka Setia.

Qowaid, Q., 2016. Character Education Through Religious Education In Sman 2 Semarang. Jurnal Dialog, 39(2), pp.209- 226.

Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018) Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (2)

Suryana, T. (2009) Tutorial Handbook Pendidikan Agama Islam MKDU FPIPS UPI. Bandung: UPI.

Wafi, Abdul (2017), Konsep dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Edureligia Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1, No. 2, Juli – Desember 2017

Yaumi, M. (2016) Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zuchdi, D. (2008) Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Khamim, S., Sesmiarni, Z., Siregar, N., Dasopang, H. R., & Lindra, A. (2024). Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Mendorong Internalisasi Nilai Moderasi di Perguruan Tinggi Umum (Studi pada Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 376–404. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.524