Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kota Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.543Keywords:
Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar PancasilaAbstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum alternatif yang berupaya mengatasi kemunduran pendidikan yang terjadi pada masa pandemic yang memberikan kebebasan merdeka belajar. Salah satu tujuan penerapan kurikulum merdeka ini adalah dengan melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini berupaya menggambarkan penerapan kurikulum merdeka sebagai projek penguatan profil pelajar pancasila dan problematika yang dihadapi guru dalam penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data primernya adalah guru dan kepala sekolah, sedangkan sumber data skundernya adalah siswa, buku-buku yang relevan dan lain-lain. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, display data dan penarikan kesimpulan Lokasi penelitiannya adalah di SMP N2 Kota Padangsidimpuan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa di sekolah ini telah dilaksanakan kurikulum merdeka sebagai projek penguatan profil pelajar pancasila sejak tahun 2022. Tema yang di usung sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yaintu 6 element yang ada dalam profil pelajar pancasila. Masalah yang dihadapi guru dalam penerapan ini adalah masih kurangnya pemahaman guru tentang konsep kurikulum merdeka dan membuat bahan ajar sesuai dengan yang dinginkan oleh kurikulum merdeka.
Downloads
References
Aegustinawati, Aegustinawati, and Yaya Sunarya, ‘Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mengatasi Retensi Kelas Di Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Paedagogy, 10.3 (2023), 759 <https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568>
Ali Mursyid, Chyril Futuhana Ahmad, Anggun Kurnia Dewi, and Agnes Yusra Tianti, ‘Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di Purwakarta’, Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5.1 (2023), 173–87 <https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.566>
Amalia, Jihanna, and Muh. Wasith Achadi, ‘Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Materi PAI Pada Kelas 10 SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta’, Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3.1 (2023), 39–60 <https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i1-3>
Amalia Yunia Rahmawati, ‘済無No Title No Title No Title’, 5.July (2020), 1–23 <https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i2.728>
Arifah, Nurin Ainani, and Ratnasari Diah Utami, ‘Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar’, MUALLIMA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9.1 (2023), 27–41 <http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna>
Ashfarina, I N, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)’, EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan …, 4 (2023), 1355–64 <http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/442>
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002
Badriyah, L., Masfufah, Rodiyah, K., Chasanah, A., & Abdillah, M. A., ‘Implementasi Pembelajaran P5 Dalam Membentuk Karakter Bangsa Di Era Society 5.0’, Journal of Psychology and Child Development, 1.2 (2021), 67–83 <https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i02.3638>
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional RI (Jakarta, 2003)
Desrianti, and Yuliana Nelisma, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Perpektif Manajemen Pendidikan Islam’, Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4.2 (2022), 158–72 <https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i2.309>
Dewi, Radeni Sukma Indra, and Mudrikah Mudrikah, ‘Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Di SDN 1 Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang’, Jurnal Simki Pedagogia, 6.2 (2023), 500–511 <https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.327>
Doa, Hamsa, Falentina Lucia Banda, and Apriana Marselina, ‘Pemahaman Dan Kesiapan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Flores Tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm)’, JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6.2 (2022), 598 <https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8698>
Fauzi, Achmad, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak’, Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18.2 (2022), 18–22 <https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480>
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, Mudjiran, ‘Jurnal Basicedu’, Jurnal Basicedu, 3.2 (2020), 524–32 <https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/971>
Hadian, Tantan, Rachmat Mulyana, Nana Mulyana, and Ida Tejawiani, ‘Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi’, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11.6 (2022), 1659 <https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307>
Hartono, Rudi, I Wayan Suastra, and I Wayan Lasmawan, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Melestarikan Budaya Nusantara’, Edukasia, 4 (2023), 823–28
Hartoyo, Agung, and Dewi Rahmadayanti, ‘Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5.4 (2022), 2247–55
Hastiani, Hastiani, Hendra Sulistiawan, and Mudafiatun Isriyah, ‘Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua Dalam Mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)’, Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3.1 (2023), 31–35 <https://doi.org/10.51214/japamul.v3i1.592>
Hidayati, Naning, Dian Hidayati, Zusuf Hani Saputro, and Tutik Lestari, ‘Implementasi Pembelajaran Projek Pada Sekolah Penggerak Di Era Digital’, Journal of Education and Teaching (JET), 4.1 (2022), 68–82 <https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200>
Hidayati, Voni Nur, Fitri Rahma Dani, Merika Setia Wati, and Melli Yati Putri, ‘Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Siswa Kelas X Di Sman 1 Payung Sekaki’, Jurnal Eduscience, 9.3 (2022), 707–16 <https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3443>
Ibtidaiyah, D I Madrasah, ‘Analisis Konsep Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah’, 20
Indriani, Nina, Indrianis Suryani, and ul Mukaromah, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Khazanah Pendidikan , 17.1 (2023), 242–52 <https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228>
Islam, Universitas, and Tribakti Lirboyo, ‘Profil Pelajar Dalam Kurikulum Merdeka Madrasah Di Era VUCA Pendahuluan Setiap Perubahan Kehidupan Yang Terjadi Dan Menjangkit Masyarakat Dunia Akan Melahirkan Istilah-Istilah Untuk Menamai Keadaan Tersebut . Salah Satu Sebutan Untuk Keadaan Dunia Saat In’, 13.2 (2023), 211–30 <https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.4061>
Kurniawaty, Imas, Aiman Faiz, and Purwati Purwati, ‘Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.4 (2022), 5170–75 <https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139>
Masturoh, Fitri, and Ihwan Mahmudi, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4.2 (2023), 207–32 <https://doi.org/10.52593/klm.04.2.07>
Maudyna, Igant Erisza, and Erny Roesminingsih, ‘Evaluasi Kesiapan Pendidik Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 )’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4 (2023), 637–48
Oktaviani, Anna Maria, Arita Marini, and Zulela MS Zulela MS, ‘Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Tehadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Perbandingan Kurikulum 2013’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9.1 (2023), 341–46 <https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4590>
Purwanti, Heni, and Nani Nurwati, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Blended Learning Pada Pembelajaran Dasar-Dasar Kuliner’, Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8.3 (2023), 380–87 <https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.547>
Putri Ningsih, Eka, Noor Alfi Fajriyani, Rinna Wahyuny, and Fildza Malahati, ‘Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Perspektif Progresivisme’, Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17.1 (2023), 164–70 <https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16037>
Rahayu, Galih Dani Septiyan, and Asep Samsudin, ‘Penerapan Model Project Based Learning Dalam P2M STKIP Siliwangi’, Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 6.2 (2019), 1–7
Rahman, Arif, Lalu Ari Irawan, and Moh Arsyad Arrafii, ‘Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP Negeri Dan SMA Negeri : Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kab . Lombok Tengah Implementation of Diagnostic Assessment in English Subject at Public Junior High Schools and P’, 5.2 (2023), 487–97
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2011
Rizal, Dimas Ahmad, Moh. Zodikin Zani, and Zulkifli Syauqi Thontowi, ‘Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Perspektif Pendidikan Humanis Religius’, Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3.1 (2023), 23–38 <https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i1-2>
Rizky Satria, dkk, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2022
Safitri, Andriani, Dwi Wulandari, and Yusuf Tri Herlambang, ‘Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 7076–86 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274>
Sekolah, D I, and Menegah Pertama, ‘KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MATERI MATEMATIKA . Hal Ini Terj’, 12.1 (2023), 1459–73
Suharsini Arikunto, Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi Dan Prakteknya (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.