KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI DITINJAU DARI ASPEK EMOSI DIRI (Studi Tokoh Rektor Universitas Gadjah Mada Periode 2014-2017)

Authors

  • Mona Novita STAI Yayasan Nurul Islam (YASNI) Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v5i1.95

Abstract

Penelitian ini berawal dari keingintahuan dan analisis mendalam peneliti dalam melihat pola kepemimpinan perempuan dalam perspektif psikologi ditinjau dari aspek emosi diri. Di sini, peneliti mengkaji tokoh seorang perempuan yang menjadi pemimpin suatu lembaga Perguruan Tinggi (PT) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yaitu Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. Beliau adalah satu (1) dari empat (4) Rektor Perempuan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Hal yang menggelitik peneliti dalam penelitian ini adalah melihat fakta bahwa hanya sedikitnya (4 orang) sebuah perguruan tinggi dipimpin oleh perempuan jika dibandingkan dengan jumlah PTN di Indonesia yaitu sebanyak 97 buah. Padahal dari keseluruhan lulusan terbaik universitas di dunia, 65 % nya adalah perempuan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana kebenaran teori Daniel Golemen yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional merupakan penyumbang kesuksesan terbesar (80 %) dibandingkan kecerdasan lainnya terhadap kepemimpinan perempuan. Pada penelitian studi tokoh ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskripstif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dokumentasi tertulis dan lembaran wawancara tidak langsung. Hasil penelitian menujukkan bahwa kepemimpinan Prof. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D sebagai Rektor UGM periode 2014-2017 telah memenuhi ciri kepemimpinan perempuan yang baik yaitu (1) interactive leadership dan (2) berbagi kekuatan serta informasi. Selain itu, Prof Rita memiliki kecerdasan emosional yang membuatnya dapat menghasilkan keputusan yang akurat dalam pencapaian visi dan misi UGM dengan gaya kepemimpinan top-down yang diterapkannya. Dengan kecerdasan emosional yang dimilikinya, Prof. Dwikorita Karnawati, MSc., Ph.D berhasil menjalin kerjasama (MoU) dengan Perguruan Tinggi Asing di lebih 10 Negara.

Kata kunci: Kepemimpinan, Perempuan, Psikologis, Emosi Diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-01

How to Cite

Novita, M. (2018). KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI DITINJAU DARI ASPEK EMOSI DIRI (Studi Tokoh Rektor Universitas Gadjah Mada Periode 2014-2017). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 16–40. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i1.95