Peranan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an Pada TPA Asri Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i2.640Keywords:
Peran Guru, Al-Qur’an dan TPAAbstract
Penelitian ini menjelaskan tentang Peranan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an Pada TPA Asri Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, artinya yaitu penulis akan mendeskripsikan metode pengumpulan data berasal observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini langsung dari sumber datanya yaitu Majelis Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan santri yang belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu dokumen dan arsip Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Asri Bungo Desa Tanah Periuk Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo. Teknik analisis yang di gunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan tentang Upaya Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an dengan cara yang pertama Mengadakan pelatihan, Kedua Bekerja sama dengan kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Ketiga Menambahkan waktu atau jam pelajaran.
Downloads
References
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT. Sygma Exa Grafika, 2009.
Adelia Dkk. ‘‘Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa SD dalam membaca Al-Qur’an di Yayasan Sabilul Khayr Al Ibana’’. Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, 2020.
Aliwar. “Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Manajemen Pengelola Organisasi (TPA),” dalam Al-Ta’dib, vol. 9, no. 1.
Amalia Rizka. Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Yokyakarta: Media Akademi, 2017.
An-Nawawi. At-Tibyan Adab Menghapal Al-Qur’an. Solo: Al-Qowam Bandumg Persada, 2018.
An-Nawawi Imam. Riyadhush Shalihin. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2015.
Anwar Khairil. “Peranan Guru Mengaji Dalam Mengatasi Buta Aksara Al-Qur’an Anak Usia Sekolah di Desa Bontomanai Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa”. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2014.
Arobi Muhammad. “Rumah-rumah Tahfidz di Kota Banjarmasin Profil, Program dan Metode Pengajaran Al-Qur’an”. Jurnal Ilmiah Pendidikan. vol. 8, no. 1, 2019.
Buchari Agustini. “Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra’, vol. 12, no. 2, 2018.
Darmadi. H. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama, 2017.
Kadar M. Yusuf. Study Al-Qur’an. Jakarta: Amzah, 2009.
Kusuma Yuanda. “Model-Model Perkembangan Pembelajaran BTQ di TPQ/TPA di Indonesia”. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. vol. 5, no. 1, 2018.
Kuswoyo. Metode Iqra’ KH.As’ad Humam Perspektif Behaveoristik. Yokyakarta: UIN Sunan KaliJaga, 2014.
M. Baqir Hakim. Ulumul Qur’an. Jakarta: Al-Huda, 2006.
Makbuloh Deden. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012. Minarti Sri. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Muhammedi. “Metode Al-Baghdadiyah”. Jurnal Pendidikan dan Keislaman. vol. 01, 2018.
Mustofa. “Adab membaca Al-Qur’an”. Ejournal Stai Madiun. vol. 4, 2017.
Nata Abudin. Tafsir ayat-ayat pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2012. Rahmawati Siti. “Peranan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Desa Sakti Buana Kecamatan Seputih Banyak”. Skripsi, IAIN Metro Lampung, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUTAADDIB : Islamic Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.