Penerapan Pendekatan Pembelajaran Beyond Center and Circle Time Terhadap Keterampilan Sosial Anak

Authors

  • Ismi Winda Yani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Yusria UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • ida Rianti UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v3i1.528

Keywords:

Pendekatan Beyond Centre and Circle Time, Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan Beyond Centre And Circle Time terhadap keterampilan anak. Fokus penelitian ini adalah pada penerapan pendekatan pembelajaran Beyond Centre And Circle Time terhadap keterampilan sosial anak. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Islam Diniyyah Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisi data meliputi reduksi data, penyanjian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan tererpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikut sertaan, ketelitian pengamatan, trigulasi datadan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian pertama nemunjukan bahwa pendekatan Beyond Centre And Circle Time terhadap dapat menimbulkan keterampilan sosial anak diantaranya anak memiliki banyak teman, anak bisa berinteraksi dengan baik, anak dapat berkomunkasi dengan baik, kemandirian dan rasa percaya diri yang baik. Kedua, pembentukan keterampilan sosial melalaui pendekatan beyond centre and circle time dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian yang sudah ditentukan standar capaian perkembangan dengan berpedoman berdasarkan kompetensi dasar pada kurikulum 2013. Ketiga, kendala yang dialami oleh guru adalah terdapat beberapa guru yang belum memahami secara utuh pendekatan Beyond Centre And Circle Time, guru juga kesulitan dalam memilih kegiatan maian dan pembuat APE.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina Widiastuti, Dkk, Analisis Metode Pembelajaran Beyond Center And

Circle Time (Bcct) Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 3-4 Tahun, Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini”, 8 No 1, Juli (2019), 4, Http://Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Paudia/Article/View/110-117.

Dwi Nova wardani C. metode beyond canter and Circle time (BCCT) untuk Pendidikan PAUD”, Jurnal Obsesi:Jurnal pendidikan anak usia dini 5, no 1 (2021): 16. https://aluswahcenter.wordpress.com/2009/03/07/metode-beyond-center-and-circle-time-bcct-untuk-pendidikan-paud/

Fitriah M Su'ud, “Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Analisis Psikologi Pendidikan”. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, No 6. (Desember 2017): 236. Https://Doi.Org/10.36668/Jal.V6i2.11

Luh ayu T, Nice Maylani A dan I nyoman wirya. Perkembangan Social Emosional Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2014.

M. Hery Yuli Setiawan, “Permainan Kooperatif Dalam Mengembangkan Ketermpilan Sosial Anak Usia Dini,” jurnal media informasi Pendidikan, no. 1 (Juni 2016), h. 32, https://doi.org/10.33061/ad.v1i1.1207.

Mursid. Pengembangan Pembelajaran Paud. Yogyakarta: PT. Remaja Rosdakarya. 2015.

Nurlina Ridayanti, Asep Munajat, “Implementasi model pendekatan beyond centre and cirle time (bcct) sentra bahan alam untuk meningkatkan kemmapuan kognitif anak”, Utile: Jurnal Pendidikan 4 no 1 (2020), https://garuda.kemdikbud.go.id.

Nurlina, Implementasi Model Pendekatan Beyond Centre and Circle Time (bcct). Utile: Jurnal Pendidikan 4 no 2 (2020), 43, https://doi.org/10.37150/jut.v4i1.244.

Sjamsuddin Dan Maryani, “Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompensasi Keterampilan Social”. Jurnal Pendidikan, No 1 (April 2008): 6. Http://File.Upi.Edu/Direktori/JURNAL/JURNAL_PENELITIAN_ PENDIDIKAN/PENGEMBANGAN_PROGRAM_PEMBELAJARAN_IPS_UNTUK_MENINGKATKAN_KOMPETENSI_KETERAMPILAN_SOSIAL.Pdf.

Susi Susanti, Yusria Dan Achmad Fadlan, Meningkatan Keterampilan Sosial Dan Emosional Anak Melalui Pembelajaran Kelompok Di Taman Kanak-Kanak Al-Mumtaz Desa Pulau Lintang Kecamatan Bathin Viii Kabupaten Sarolangun (2019), http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2154

Tuti Istianti, “Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan anak usia dini, no. 6 (2015): 32, https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10515.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Https://Pmpk.Kemdikbud.Go.Id/Assets/Docs/ Uu_2003_No_20_Sistem_Pendidikan_Nasional.Pdf.

Yulia Siska, “Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini,” Jurnal penelitian pendidikan, no 2. (Agustus 2011):31. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/author/yulia-siska.

Yuliani Nurani Sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pt Indeks. 2018.

Yusria, “Peningkatan Kecakapan Personal Melalui Pembelajaran Kontekstual”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, N0 2. (Noverber 2016): 333. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.08

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Yani, I. W., Yusria, & Rianti, ida. (2023). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Beyond Center and Circle Time Terhadap Keterampilan Sosial Anak . ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.51311/alayya.v3i1.528