Implementasi Kegiatan Mutaba’ah Yaumiyah dalam Pendidikan Karakter Islami Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Lab School Integreted IAI Yasni Bungo

Authors

  • Lela Rahmawati Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Feerlie Moonthana Indhra Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.580

Keywords:

Mutaba’ah Yaumiyah, Karakter Islami, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Mutaba’ah Yaumiyah di RA Lab School Integrated IAI YASNI Bungo, keberhasilan kegiatan tersebut dalam pendidikan karakter islami anak usia dini dan faktor penghambat serta pendukung dalam implementasi kegiatan Mutaba’ah Yaumiyah di RA Lab School Integrated. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik di RA Lab School Integrated IAI YASNI Bungo. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis deskriptif-kualitaif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi kegiatan Mutaba’ah Yaumiyah dalam pendidikan karakter islami anak usia dini dengan langkah implementasi:(1) penyusunan perencanaan kegiatan, (2) pelaksanaan kegiatan dengan mengumumkan teknis dan langkah-langkah kegiatan, (3) rekapitulasi mingguan, (4) evaluasi dan penutup. Keberhasilan kegiatan Mutaba’ah Yaumiyah dalam pendidikan karakter islami dilihat dari beberapa indikator perkembangan nilai moral dan agama; anak membiasakan diri melaksanakan sholat, anak menunjukkan perilaku suka menolong, anak berbicara yang sopan, anak menghormati guru dan orang yang lebih tua, anak menunjukkan perilaku benar dan salah. Dari semua indikator perkembangan tersebut anak mengalami perkembangan yang cukup baik semenjak diimplementasikannya kegiatan Mutaba’ah Yaumiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid dan Dian Handayani. Pendidikan Karakter Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Al-Fauzan. Syarat-Syarat Ibadah Yang Benar. Jakarta: Islam House. 2019.

Andi Bunyamin. ‘’Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendukung Peningkatan Prestasi Anak’’. dalam Jurnal Pendidikan. Volume. 1. No 28.

Fadillah. Pendidikan Karakter. Jawa Timur: CV Agrapana Media. 2021.

Guntoro, Ardiansyah. ’’Pengembangan Aplikasi Mutaba’ah Dan Evaluasi Ibadah Harian Berbasis Android’’. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. vol 7. No 2.

Heryanto Susilo. ”Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelompok Bermain Mambaul Ulum’’. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 9, No. 2. April 2020.

M. Ihsan Dachofany dan Uswatun Hasanah. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Imprint Bumi Aksara. 2018.

M. Ihsan Dacholfany. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Konsep Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2018.

Mohd Khairul Anwar. ‘’Terapi Mutaba’ah Al-Yaum Untuk Meningkatkan Self Management Pada Seorang Mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya’’. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya. 2018.

Muhammad Yaumi. Pendidikan Karakter (Landasan, Pilar & implementasi). Jakarta: Prenadamedia Group. 2014.

Novan Ardy Wiyani. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras. 2012.

Nur Hidayat. ’’Implementasi Nilai-nilai Islami Melalui Pembiasaan dengan Lembaran Mutaba’ah di Masa Pandemik Covid 19’’ Jurnal Basicedu vol. 6, No. 2. 2022.

Slamat Suyanto. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing. 2005.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidkan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.

Yulia Ayriza. Metode penilaian perkembangan pada anak usia dini. Yogayakarta: Universitas. 2007.

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Rahmawati, L., & Moonthana Indhra, F. (2022). Implementasi Kegiatan Mutaba’ah Yaumiyah dalam Pendidikan Karakter Islami Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Lab School Integreted IAI Yasni Bungo. ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 162–178. https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.580