Implementasi Pembelajaran Berbasis Loose Parts dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.581Keywords:
Pembelajaran, Loose Parts, Kreativitas, AUDAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran berbasis loose parts dalam meningkatkan kreativitas anak di KB Aisyiyah Al Hikmah Kretek Yogyakarta. Pembelajaran berbasis loose parts dipilih untuk meminimalisir penggunaan LKA (lembar kerja anak) dan lebih memberikan pembelajaran langsung atau dengan benda konkrit sesuai dengan prinsip pembelajaran untuk anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran loose parts yang dilakukan pendidik dengan melakukan invitasi (penataan lingkungan main) dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar anak. Selanjutnya pendidik memberikan kata “provokasi” untuk memancing ide atau kreativitas anak dalam menciptakan karya dari bahan-bahan loose parts yang dipersiapkan pendidik. Selanjutnya guru melakukan evaluasi atau penilaian pembelajaran yang dilakukan pada akhir pembelajaran dalam bentuk ceklist, hasil karya, dan catatan andekdot. Kreativitas anak terasah dalam membuat karya sesuai imajinasi mereka dengan peran pendidik hanya sebagai fasilitator.
Downloads
References
Laura England. Looking for Learning: Loose Parts. London: Bloomsbury Publishing. 2019.
Lisa Daly and Miriam Beloglovsky. Loose Parts 2: Inspiring Play With Infants and Toodlers. United States of American: Redelaf Press. 2016.
Maestri Sabrina. “Pengaruh Media Loose Parts Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak Di Kelompok B2 TK Bina Anak Bangsa Palu.” Universitas Tadulako. 2021.
Masganti, dkk. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. 2016.
R. Indonesia. Undang-Undang Tentan Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. 2003.
Slamet Suyanto. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing. 2005.
Sri Muryaningsih. “Media Pembelajaran Berbahan Loosepart Dalam Pembelajaran Eksak Di MI Kedungwuluh Lor.” Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2021.
Yuliani Nurani Sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ALAYYA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.