Pendidikan Karakter Persepektif Thomas Lickona (Analisis Nilai Islami Dalam Buku Educating for Character)
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.611Keywords:
Konsep pendidikan karakter, Thomas Lickona, Karakter IslamiAbstract
Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai Islami dalam dalam buku Educating for Character. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku Educating for Character karya Thomas lickona untuk menumbuhkan karakter islami, (2) mendeskripsikan strategi pendidikan karakter dalam buku Educating for Character karya Thomas Lickona untuk menumbuhkan karakter islami. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi yaitu pengumpulan data dari sumber-sumber catatan, transkrip, buku, dan sebagainya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi) Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa nilai-nilai untuk menumbuhkan karakter religius menurut Thomas Lickona ada dua macam yaitu hormat dan tanggungjawab. Nilai tersebut termasuk dalam nilai universal, karena berhubungan dengan kebaikan moral dan melindungi seseorang terhadap resiko tertinggi dan perilaku anti-sosial. Nilai hormat dalam menumbuhkan karakter islami dapat dilaksanakan dengan melalui cara menghormati diri sendiri, menghormati orang lain, dan menghormati lingkungan sehingga lebih mengenal Allah SWT yang menciptakan segala sesuatu di dunia ini. Sedangkan nilai tanggungjawab dalam menumbuhkan karakter islami dapat memotivasi seseorang untuk menggunakan akal pikiran mereka serta iman dan keyakinan mereka untuk mempertimbangkan masalah-masalah sosial dalam mencapai ketentraman dan kesejahteraan bersama. Sedangkan strategi pendidikan karakter dalam buku Educating for Character karya Thomas Lickona untuk menumbuhkan karakter islami dapat dilakukan dengan cara memahami langkah-langkah pada moral knowing, moral feeling, dan moral action.
Downloads
References
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islami (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013).
Ahsanulkhaq Moh, “Membentuk Karakter Islam Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol. II, 2019.
Hamid Hasan Said, et al., Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah (Jakarta: Kemdiknas, 2010).
Idris Muh, “Pendidikan Karakter: Perspektif Islam dan Thomas Lickona, Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Vol. VII, (2019).
Jalaluddin, Psikologi Agama (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010).
Kemenag, Alquran Terjemahan Kementerian Agama Republik Indonesia (Bandung: Sigma Eksa Media, 2019).
Lawrence Neuman w, Social Research Methods (Edinburg: Pearson, 2014).
Lickona Thomas, Educating for Character (Jakarta: Bumi Aksara, 2013).
M. Quraish Shihab , Tafsir al- Misbah (Jakarta: Lentera Hati, 2009).
Muhaimin Azzel akhmad, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).
Naim Ngainun, Character Building (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2020).
Ramayulis, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2015).
Sahlan Asmaun, Mewujudkan Sikap Islam Di Sekolah (Malang: UIN-Maliki Press, 2010).
Salahudin, Anas Pendidikan Karakter: pendidikan berbasis agama dan budaya bangsa (Bandung: Pustaka Setia, 2013).
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003, Nomor 3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.