Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Muara Bungo

Authors

  • Afra Diniati Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • M. Syukri Ismail Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Dedi Yuisman Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.358

Keywords:

Hasil Belajar, Learning Start With A Question (LSQ), Ilmu Pengetahuan Alam IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar belajar siswa menggunakan strategi Learning Start With a Question (LSQ) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Muara Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Hal itu dikarenakan dalam proses pembelajaran belum menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Stephen Kemmis and Robin Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakanpengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan strategi Learning Start With a Question (LSQ) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi selalu berhemat energi pada siswa kelas IV Sekolah DasarMuhammadiyahMuara Bungo. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakanpenelitian tindakan kelas (PTK) dengan Model Tindakan Kurt Lewin yang terdiri dari II siklus dengan menggunakan signifikan instrument penelitian tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelian ini dibuktikan dari hasil siklus I sebesar 67,78% dengan kriteria Baik, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 79,71% dengan kriteria Sangat Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Aly Dan Eny Rahma. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Kementrian Agama RI, Al-Qura’an dan Terjemahan, Jakarta : Kementrian Agama RI, 2017
Agus suprijono. “Cooperative LearningTeori Dan Aplikasi PAIKEM.” Yokyakarta: Pustaka Pelajar, Mei 2013.
Asri Windu Parasmasasti, “ Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada Pembelajaran Tematik Siswa ( Kelas IV C SD Negeri 1 Metro Pusat 2018)
Dadang Kahmad, Metode Penelitian .Bandung: Pustaka Setia 2008.
Dewi Patmawati. “Keefektifan Metode Pembelajaran Learning Start With a Question Dalam Pembelajaran Membaca pemahaman Pada Siswa” (Kelas VIII SMP 2 Berbah).
Hisbullah, Nurhayati, “Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar” Makasar Sulawesi Selatan: 2018
Husniwati, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Learning Start With a Question Pada Mata Pelajran IPS”(Kelas VII MTS Al Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2017/2018).
Kementerian Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya Semarang : CV Asy Syifa, 2020
Komang Nia Purnamasari,“ Penerapan Strategi learning start with A Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-7 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016.” Vol,7.No.2.
Ni Nyoman Parmithi. “ Penerapan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X AP2 SMK Triatma Jaya Bandung Tahun Pelajaran 2013/2014.” Vol,V.no.1
Noviana Kumala. “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Mata Pembelajaran IPA Materi Bumi dan Alam Semesta”(Kelas 4 MIN 12 Medan Tahun Pelajaran 2018/109).
Ridwan Abdul Sani. Penelitian Tindakan Kelas, Pengembangan Profesi Guru, Tanggerang: Tira Smart, 2017
Sakina Tunnisa, “Penerapan Strategi Pembelajaran LSQ ( Learning Start With A Question) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia” (Skripsi, Program Sarjana IAIN Salatiga, 2018
Siti Ayu Maimunah, Skripsi “Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Pada Siswa”(Kelas IV Mi Miftahul Falah Cipulir Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018).
Sinar, “Metode Active LearningUpaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa “Yogyakarta: 2018
Surahman. “Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan melalui media gambar kontekstual pada siswa kelas II SD Alkhairaat Towera.” vol 3,no .4.
Suardi Moh, “Belajar &Pe mbelajaran” Yogyakarta: Deepublish 2018.
Teguh Triwiyanto, “Pengantar Pendidikan,” Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Zetty Azizatun Ni’mah,”Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita dan Fakta” Vol,15.No.2.
Zulkifli Matondang dan Ely Djulia, “Evaluasi Hasil Belajar” Yayasan Kita Menulis,2019.

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Diniati, A., Ismail, M. S., & Yuisman, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Muara Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 60–76. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.358