Pemanfaatan Media Wordwall dalam Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Alam Muara Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i2.1099Keywords:
Problem Based Learning, Wordwall, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas V di Sekolah Alam Muara Bungo, yang ditandai dengan kurangnya antusiasme dan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran tematik. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional dan minim media interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media Wordwall dalam model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada model spiral Kemmis dan McTaggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V Sekolah Alam Muara Bungo pada semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar, observasi aktivitas siswa dan guru, serta dokumentasi kegiatan, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada setiap siklus. Rata-rata skor minat belajar meningkat dari 62,5% pada pra-siklus menjadi 75,8% pada siklus I, dan mencapai 87,9% pada siklus II, dengan jumlah siswa yang memiliki minat belajar kategori tinggi dan sangat tinggi meningkat dari 30% menjadi 85%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa integrasi media Wordwall dalam model PBL mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan berpusat pada siswa, sehingga mendorong keaktifan dan rasa ingin tahu mereka dalam memecahkan masalah pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media Wordwall dalam model Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di Sekolah Alam Muara Bungo. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar guru sekolah dasar dapat mengintegrasikan media digital interaktif seperti Wordwall dalam model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan motivasi dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Asrina, Masdin, Halistin. “Jurnal Pendidikan Dasar.” Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2024): 1–11.
Binasti, Ayim, Arjudin, Junaidi, and Nyoman Sridana. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Journal of Classroom Action Research 3, no. 2 (2023): 148–57.
Do, Thien Chi, and Nuong To Huynh. “Students’ Perception of Using Wordwall Application to Enhance Vocabulary Memorization.” Proceedings of International Conference on Research in Education and Science 10, no. 1 (2024): 810–20.
Kamswara, Clarita Vim, Fida Chasanatun, and Murti Sumeni. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall Pada Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas II SDN 02 Tawangrejo Madiun Tahun Ajaran 2023/2024.” MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2, no. 3 (2024): 1495–1502. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.425.
Khairunnisa, and Adha Khairina. “Primary Education Journal (Pej).” Primary Education Journal (PEJ) 4, no. 2 (2020): 24–30. https://idr.uin-antasari.ac.id/15425/1/Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD.pdf.
Larasati, Suci, Novianti Mandasari, and Tri Juli Hajani. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4, no. 1 (2024): 49–59. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.411.
Mohammad, Arif Nur, Parawansyah Isya Muhammad, Huda Haikal Fiqi, and Zulfahmi Nofan Muhammad. “Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Deep Learning.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2025): 8–16. https://muassis.journal.unusida.ac.id/index.php/jmpd%0ASTRATEGI.
Noviyanti, Nurkholis, Aliet Noorhayati Sutisno. “Cendikia Cendikia.” Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 3 (2024): 454–74.
Pakpahan, Gesti Marsaulina Br., Tian Abdul Aziz, and Lukita Ambarwati. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (2025): 317–32. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i1.3862.
Permatasari, Berti Dyah, Gunarhadi, and Riyadi. “The Influence of Problem Based Learning towards Social Science Learning Outcomes Viewed from Learning Interest.” International Journal of Evaluation and Research in Education 8, no. 1 (2019): 39–46. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.15594.
Rahmi, Laili, Ulfa Adilla, Rina Juliana, Dedi Yuisman, and Mualimin -. “Inovasi Pembelajaran Dengan Metode Belajar Bersama Alam (Bba) Guna Membangun Karakter Anak Semenjak Dini Pada Sekolah Alam Muara Bungo (Samo).” Jurnal Pendidikan UNIGA 15, no. 1 (2021): 410. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1177.
Retno Hartati, Farida, Sri Sumartiningsih, and Agus Yuwono. “Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD: Literatur Review.” JurnalEducatio 10, no. 4 (2024): 1306–14. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10206.
Rosalia Septia Gresheilla, Femmy Femmy, Simpun Simpun, and Diplan Diplan. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Peserta Didik Kelas IV-A SDN 6 Menteng Tahun Pelajaran 2022/2023.” Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora 1, no. 2 (2023): 137–49. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.134.
Willifitri, Sopia. “Upaya Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based,” no. April (2023): 97–102.
Zahwa Salsabila, Yeni Erita. “Pengembangan Media Interaktif Wordwall Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10, no. 3 (2025): 1–14. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28459981/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.resenv.2025.100208%0Ahttp://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://ww.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





