Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 19/II Peninjau Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo

Authors

  • Siska Amelia Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sugeng Kurniawan Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Dedi Yuisman Institut Agama Islam Yasni Bungo

Keywords:

CTL, Motivasi Belajar, Tema Sehat Itu Penting

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Nomor 19/II Peninjau. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran tidak menggunakan metode yang tepat dan juga metode yang digunakan tidak beragam. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu; perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi, dan perencanaan ulang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Nomor 19/II Peninjau yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil observasi menggunakan pendekatan CTL (Contextual teaching and learning) pada pra siklus adalah 5 siswa atau 25%. Pada siklus I terdapat 15 siswa atau 75% dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 18 siswa atau 90%. Berdasarkan hipotesis tindakan yang dilakukan, penggunaan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V materi sehat itu penting di SDN Nomor 19/II Peninjau terbukti dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amna Emda, Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol.5 No 2, 2017.
Ari Indriani, Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas v Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SD Negri Brjirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol 4. No 2.
Aris Sohimin, Model Pembelajran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2014
Bujang Rahman , Refleksi diri dan peningkatan profesionalisme guru. Jurnal Paedagogia, Vol No. 1 Tahun 2004.
Devanti Nurhayati, dkk. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas VIII MTS Raudhatul Jannah Palangkaraya, Jurnal Vol 3 No 2 ; 2015.
Devi Nur’aini,”Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Ipa Kelas V SD Negeri Tembakrejo Kabupaten Purworejo”. Skripsi diajukan kepada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta untuk memenuhi sebagian persyaratan guna memperoleh Gelar Serjana Pendidikan Tahun 2013.
Dimyati Dan Mudjono, Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Ekawarna, Penelitian tindakan kelas Jakarta : Gaung Persada “GP Press”, 2011.
Fitriana rahmawati, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 30 Bandar Lampung, Lentera STKIP-PGRI Bandar Lampung, Vol. 1. 2016.
Hamzah B. Uno, M.Pd, Teori Motivasi dan Pengukuran, Jakarata: Bumi Aksara, 2013.
Ida Fahru Roziyah dan Sri Haryani “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Contextual Teaching Learning Berbantuan Study Card,” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 1, 2017
Ida Rosita Dkk, Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa pada Kelas VI SDN 2 Kalirejo Kecamatan Karanggayam, Kalam Cendekia, Vol 3, No 5.1.
Ika Windyaningrum, “Peningkatan Motivasi Belajar Ips Menggunakan Metode Make A Match Pada Siswa Kelas V A SD Negeri Golo Yogyakarta”. Skripsi diajukan kepada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta untuk memenuhi sebagian persyaratan guna memperoleh Gelar Serjana Pendidikan Tahun 2015.
Iskandar Agung, Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Jakarta : Penerbit Bestari Buana Murni, 2012.
Kementrian agama, al-qur’an dan terjemahan Jakarta : PT Senergi Pustaka Indoneaia 2012.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Jakarta : PT Rajawali Pers, 2011.
Made wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tujuan Konseptual Operasional, Jakarta timur: PT Bumi Aksara, 2009.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Remja Rosdakarya, 2013.
Maria caroline cindy iskandar, Analisis Penilaian Penerapan Manajemen Kompensasi Pada Karyawan Universitas Bunda Mulia. Business & Management Journal Bunda Mulia, Vol 8, No 2 September 2012.
Martinis Yamin, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Referensi, 2013.
Masnur Muslich, Melaksanakan PTK itu Mudah, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Mona novita, PTK Tidak Horor, Surabaya : CV Pustaka Media Guru, 2018. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2008.
Muh. Sain hanfi, Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera pendidikan Vol.17. no 1 juni 2014.
Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingat Satuan Pendidikan Kemandiarian Guru Dan Kepala Sekolah, Jakarata: PT Bumi Aksara, 2010.
Nana sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Nardi, “Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas X Semester I SMA Islam Sudirman 2 Boyolali” Naskah Publikasi Skripsi, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung : Tarsito, 2003.
Nur Edi, Pengelolaan dan Analisis Data Hasil Penelitian, Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan: Fakultas Ilmu Penddikan Universitas Pendidikan Indonesia 2010.
Nur Edi, Pengelolaan dan Analisis Data Hasil Penelitian, Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan: Fakultas Ilmu Penddikan Universitas Pendidikan Indonesia 2010.
Rima Rahmawati, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X DMS Negri 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi” Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
Siti kurnia Rahayu, “Jurnal Riset Akuntasi” dalam Program Studi Akuntasi Fakutas Ekonomi, vol. VIII, No. 2.
Siti Lailatus Saadah, “Meninngkatkan Motivasi Belajar Matematika Dengan Pendekatan Kntekstual Pada Siswa Kelas III SDN Jatiroto” Naskah Publikasi Skripsi, program pascasarjana Universitas Muammadiyah Surakarta, 2014.
Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta : PT Rinek Cipta 2015.
Sudirman A.M, Interkasi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung : Alfabeta, 2008.
Sumiati dan Asra, M.Ed, Metode Pembelajaran, Bandung, CV. Wacana Prima.
Tatag Yuli Eko siswono, Mengajar & Meneliti Panduan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru dan Calon Guru, Surabaya : Unesa University Press, 2008.
Wahyuddin Kamal Noor dan U’um Qomariyah “ Hierarki Kebutuhan Sebagai Dasar Refleksi diri Tokoh dalam Novel Pesantren Impian” Jurnal Sasra Indonesia Vol, 8. No, 2. 2019.
Zulkifli Montondang, Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrument Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Vol.6. No.1.

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Amelia, S., Kurniawan, S., & Yuisman, D. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 19/II Peninjau Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 78–106. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/el-Madib/article/view/351

Most read articles by the same author(s)