Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Scramble
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i2.586Keywords:
Metode Scramble, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Tema Benda DisekitarkuAbstract
Pembelajaran tema benda disekitarku yang masih menggunakan model atau metode yang kurang bervariasi membuat keterampilan berfikir kritis siswa dalam belajar masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan keterampilan berfikir kritis Siswa dengan menerapkan metode scramble pada tema benda disekitarku di Kelas III Sekolah Dasar Negri 30/VIII Wirotho Agung 2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu kegiatan penelitian yang berintegrasi dengan pelakanaan proses pembelajaran. Dan menggunakan model penelitian dari Kemmis and taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklusyeti dengan dua pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIISekolah Dasar Negri 30/VIII Wirotho Agung yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasidan dokumentasi. Teknik observas digunakan untuk mengetahui aktifitas pembelajaransiswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Dan teknik dokumntasi sebagai sumber data berupa foto yang digunakan untuk memperkuat data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode scramblepada pembelajaran tema benda disekitarku dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswadalam pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar Negri 30/VIII Wiroto
Agung. Rata-rata hasil observasi keterampilan berfikir kritis siswa pada pra siklus sebesar 48,48% dalam kategori kurang. Pada siklus I sebesar 65,39%. Dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar81,05% dalam kategori baik. Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil keterampilan berfikir kritis siswa sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Downloads
References
Aris Shoinmin, 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulm 2013(Yokyakarta :Ar¬¬-Ruzz Media, 2014).
Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung PT Refika Aditama, 2014), cet. 4.
Eko Setiawan, Esensi Erlangga Group: Pembelajaran Tematik Teoritis dan Praktis (Jakarta: Jl. H. Baping Raya No .100 . 2018) cet. 1
Elga Febryana, “Peningkatan Keterampilan Berbahasa Mellui Permainan Tradisional ABC Lima Dasar Pada Pembelajara Tema TIK di Kelas A-Rahman MI Ma’arif Setono” (Disertasi, Jurusan PGMI Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponogoro, 2019)
Endang Susilawati, “Analisis Tingkat Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA,” dalam Jurnal Pendidikan dan Teknologi JPFT.
Johar Maknun, “Penelitan Tindakan Kelas” PDF file.upi.edu. Diakses pada tanggal 9 febuari 2021.
Medika Risnasari, “Identifikasi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa Di SMK 1 Kamal,” dalam jurnal Ilmiah Edutic.
Mona Novita, Pustaka Media Guru:PTK (Surabaya: JL.Dharmawangsa 7/14. 2018).
Nuning Indah Pratiwi, “Penggunaan Media Vidio Call dalam Teknologi Komunikasi,” dalam Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial.
Retno Widyaningrum, “Model Pembelajaran Tematik di MI/SD,” dalam Jurnal Cendikia.
Suri Armayani, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas Vc MIN Senebah Kecamatan Tanjung Morawa Deli Serdang” (Disertasi, Jurusan PGMI fakultas Tarbiyah dan Kguruan UIN Sumatra Utara, 2018).
Susilowati, “Analisis Keterampiln Berfikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan.” ProsidingSeminar Nasional Pendidikan Sains, 26 oktober 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.