Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Learning di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 107/II Danau Buluh Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo

Authors

  • Ulik Budiarti Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sugeng Kurniawan Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Yurnalisma Dewi Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i2.621

Keywords:

Hasil belajar, Metode Quantum Learning, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran IPAS materi pertunbuhan dan perkembangan manusia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 107/II Danau Buluh. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia menggunakan metode pembelajaran quantum learning dengan menggunakan enam tahapan yaitu penataan lingkungan belajar, kekuatan AMBAK, memupuk sikap juaran, membiasakan mencatat, membiasakan membaca, dan terakhir meningkatkan daya ingat anak yang dapat dilihat pada siklus I pada ranah kognitif 59,54%, pada ranah Afektif 48,07%, pada ranah Psikomotorik 65,38%. Dan pada siklus II pada ranah kognitif 83,46%, pada ranah Afektif 88,46%, pada ranah Psikomotorik 84,29%. Hal ini menunjukkan dengan menggunakan metode pembelajaran quantum learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Parnawi. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.2020

Ahmad Susanto. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.2013

Bambang Widjanarko. “Konsep Dasar Dalam Pengumpulan Data Penyajian Data,” Sats4213/Modul 1 (2019): 1–45.

Bobbi De Porter & Mike Hernacki. Quantum Learning. Bandung: Kaifa, 2001.

Bobbi De Porter dan Mike Hernacki. Quantum Learning:Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa, 2015. Cet. 1.

Delina Andreani dan Ganes Gunansyah. “Presepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka’’dalam Universitas Negeri Surabaya, Vol.11, NO. 9.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

Fita Alqoria. ‘’Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Kelas IV Mata Pelajaran IPAS Pada Kurkulum Merdeka Di SDN 37 Rejang Lebong’’ (Skripsi, IAIN Curup,2023).

Fitria Annisa. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 1 Nagan Raya Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Lerning (CTL) Dengan menggunkan Media Realia”, (Skripsi, UIN AR-RANIRY: 2022)

Hendrik A E Lao. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penerbit Lakeisha, 2021.

Hijriah Tul Hikmah. ‘’Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Bealajar PKN Murid SD Negeri BONTOMAERO II Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa’’ (Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019).

Iin Wahyuni. Peningkatan Hasil Belajar Siswa V Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Media Video Kreatif Pada Masa Pandemi Covid -19 di SDN Tambakan 02 Blitar (Skripsi, Universitas Jember, 2022).

Jalaludin. Penelitian Tindakan Kelas: Prinsip dan Praktik Instrumen Pengumpulan Data (Surabaya: Pustaka Media Guru, 2021), cet.1.

Kristin dan Firosalia. ‘’Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD.’’ Penelitian Pendidikan Dasar 2.1 XI Yogyakarta, 22-24 September 2020.

Kunandar. Langkah Muda Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. (Jakarta Pers,2008).

Made Wena. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional (Jakarta: Bumi Aksara, 2014) Cet. 9.

Nur Alfyfadhilah Rusydi. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Quzntum Learning Murid Kelas V MI DDI Cambalagi Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros”(Skripsi Program Sarjana 1Universitas Negeri Makassar 2020).

Panji Rizalul Fatah, dkk. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Poblem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Cirendang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan”,(Jurnal, el-Muhbib.2023), vol.7. no.1.

Rachman Hakim.”Quantum Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Literatur).” (Skripsi, Universitas Negeri Padang 2020).

Shoimin, A. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2016).

Suhelayanti. “Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)” Langsa: Maret 2023.

Tri Indah Sari, dkk. “Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP”, (Jurnal, Jurmadikta,2021).

Warsiman. Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Media Nusa Creative MNC Publishing, 2022

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Budiarti, U., Kurniawan, S., Wiseza, F. C., & Dewi, Y. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Quantum Learning di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 107/II Danau Buluh Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 159–188. https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i2.621

Most read articles by the same author(s)