Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horey di Sekolah Dasar Negeri 30/VIII Wirotho Agung
Keywords:
Motivasi Belajar, Course Review Model HoreyAbstract
Pembelajaran tematik yang masih menggunakan model yang kurang variatif membuat motivasi belajar siswa masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Tema Makanan Sehat Menggunakan Model Pembelajaran Horey Course Review Di SDN 30/VIII Wirotho Agung Tahun 2020-2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Dan menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pra siklus, siklus 1 dan siklus II. Sedangkan teknik wawancara dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan setelah pembelajaran untuk mengetahui respon siswa. Dan teknik dokumentasi sebagai sumber data berupa foto digunakan untuk memperkuat data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Course Review Horey pada tema Makanan Sehat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 30/VIII Wirotho Agung. Rata-rata hasil observasi motivasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 53,5% pada kategori kurang mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 71,9% pada kategori cukup dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 93,4% pada kategori sangat baik . Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklusnya mengalami peningkatan hasil motivasi belajar siswa sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Downloads
References
Amna Emda.“Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran.†dalam Lantanida Jurnal, Vol. 05, No. 02.
Ani Widayati, “Penelitian Tindakan Kelas,†dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. VI, no. 1, h. 91-92.
Csuryana, “Data Dan Jenis Data Penelitian.†https://csuryana.wordpress.com.
Departemen Agama RI. Alquran Dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit J-Art, 2005.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar & Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta, 2013, cet. 5.
Eko Setiawan, Pembelajaran tematik Teoritis & Praktis (Jakarta: Erlangga Group, 2018), h. 46.
Fitria Carli Wiseza. Konsep IPS (Menuju Guru IPS Zaman Now).Surabaya:Pustaka Media Guru.2019.
Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016), cet. 14, h.23.
Ika Widyaningrum. “peningkatan Motivasi Belajar IPS Menggunakan Metode Make A Match Pada Siswa Kelas VA SD Negeri Golo Yogyakarta†(Skripsi, Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2015).
Mahmud dan Tedi Priatna. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Bangdung: Tsabita, 2008.
Martinis Yamin. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: GP Press, 2013, cet. 1.
Miftahul Huda, Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017), cet. 6, h. 229.
Mona Novita. PTK Tidak Horor. Surabaya: Mediaguru, 2018, cet. 1.
Mualimin dan Rahmat Arofah Hari Cahyadi, Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Surabaya: Ganding, 2014, cet. 2.
Ni Luh Ketut Yunita Sari, dkk. “Penerapan Model CRH Berbantuan Media Visual 3D Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Materi IPA Siswa Kelas V SD.†dalam Jurnal PGSD Universitas Ganesha, Vol. 04, No. 01.
Nurul Hidayati. “Upaya Institusi Sosial Dalam Menanggulangi Pengemis Anak di Kota Banda Aceh.†dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa, vol. 2, no. 2.
Risva Novianti Umaya. “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horey (CRH) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa†(Skripsi, Syarat memperoleh gelar sarjana Universitas Pasundan Bandung, 2018).
Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers, 2016, cet. 2.
Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2016), cet. 23, h. 83.
Siti Suprihatin. “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 01, No. 02.
Siti Suprihatin. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 03, No. 01.
Soegijono. “Wawancara Sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data.†dalam Jurnal Media Litbangkes, vol. III, no. 01.
Sudarto. “Nilai Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan Di Tinjau Dari Surat Al-Mujadalah Ayat 11.†dalam Jurnal Al Luhab, Vol. 01, No. 01.
Suharni. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†dalam Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 3, no. 1.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010, cet. 14.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010, cet. 4.
Yahya. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKn melalui Media Kliping di SD Inpres Despot Pesona Kecamatan Kasimbar.†dalam Jurnal Kreatif Tadulako, vol. 1, no. 3.
Zhafran Ghani Al Rafisqy, “Skala Pengukuran Dalam Ilmu Statistik Lengkap.†https://ekspektasia.com.