Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Tema Berbagai Pekerjaan Menggunakan Media Ular Tangga di Sekolah Dasar Negeri 074/VIII Wirothoagung Rimbo Bujang
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.355Keywords:
Ular Tangga, Motivasi Belajar, Tema Berbagai PekerjaanAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh motivasi belajar siswa dalam tema berbagai pekerjaan di SDN 074/VIII Wirotho Agung Rimbo Bujang masih sangat rendah. Hal itu dikarenakan dalam proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan rekan sebagai observer dengan konsultasi kepada guru kelas sebelum melakukan penelitian.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajarsiswa kelas IV SDN 074/VIIIWirotho Agung Rimbo Bujang yang masih rendah dengan menggunakan media ular tangga.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis and Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi, dan perencanaan ulang.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 074/VIII Wirotho AgungRimbo Bujang yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media ular tangga pada tema berbagai pekerjaan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 074/VIII Wirotho Agung Rimbo Bujang. Rata-rata hasil motivasi belajar pada prasiklus sebesar 36,06% dalam kategori kurang mengalami peningkatan, peneliti melakukan pengamatan pembelajaran dengan menggunakan media ular tanggapada siklus I menunjukkan rata-rata motivasi belajar sebesar 56,5% dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata motivasi belajar sebesar 88,4%dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga setiap siklus mengalami peningkatan hasil motivasi belajar siswa sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Downloads
References
Ade Ma’ruf. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas 5 Menggunakan Permainan Ular Tangga†(Skripsi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2017)
Eko setiawan. Pembelajaran Tematik Teoritis & Praktis Jakarta : Esensi Erlangga Group, 2018.
F Khamim. “BAB II Fungsi dan Tujuan Pembelajaranâ€, https://eprints.walisongo.ac.id.
Fitria Syuhada. “ Penerapan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi PAI Pada Siswa Kelas VII di SMPN 1 Kota Jantho†(Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN AR-RANRY DARUSSALAM Banda Aceh, 2017).
Mona Novita. PTK Tidak Horor: Fokus pada Refleksi . Surabaya : Pustaka Media Guru, 2018, cet. 1
Nafiah Nurul Ratnaningsih. “Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogopuro Sleman†(Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan UIN Yogyakarta, 2014).
F Khamim. “BAB II Fungsi dan Tujuan Pembelajaranâ€, https://eprints.walisongo.ac.id.
Prischa Fanditha. “Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi†(Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2017).
Rohmalina Wahab. Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers, 2018, cet. 3.
Sardiman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers, 2016, cet. 23.