Model Reward and Punishment dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Authors

  • Umul Khairi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sugeng Kurniawan Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.596

Keywords:

Reward and Punishment, Kedisiplinan Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kedisiplinan belajar siswa dengan menggunakan model Reward And Punishment di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 32/VIII Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini menggunakan Model Stephen Kemmis dan Robin McTanggar. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini dalam Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan data pengamatan kedisiplinan belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 dengan jumlah siswa 16 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Sebelum dilakukan Tindakan dengan Model Reward dan Punishment kedisiplinan siswa masih tergolong pada kriteria yang sangat kurang yaitu 40% dari 16 siswa, 6 siswa yang disiplin dan 10 siswa yang kurang disiplin. Oleh karena itu perlu di lakukan tindakan menggunakan Model Reward dan Punishment pada siklus I kedisiplinan belajar di dalam kelas 54,44% berada pada kriteria sangat kurang dan meningkat pada siklus II yaitu 79,01% berada pada kategori cukup dan telah memenuhi kriteria keberhasilan Tindakan. Jadi kedisiplinan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 79,01% dengan menggunakan model reward dan punishment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi Kusumastuti Dan Ahmad Mustamil Khoiron. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: LPSP. 2019.

Ahmad Sulhan Dan Ahmad Khalakul Kahairi. Konsep Dasar Pemebelajran Tematik Disekolah Dasar. Mataram, Oktober 2019. cet.1.

Benidiktus Tanujaya Dan Jeinne Mumu.Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Belajar. Mengajardan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.

Br Tarigan Ernita. “Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 1 Gebang.”Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Desember 2018. Vol.15. No.3.

Fitrotun Nisa. et.al. “Karakter Kedisiplinan Belajar Anak Sdn 2 Muryolobo Pada Masa Pembelajaran Daring.” Dalam Jurnal Inovasi Penelitian. September 2021. Vol.2, No.4.

Haris Nurhidaya. “Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru.” Dalam Pinisi Journal Of Education. 2021. vol. 1. no. 2.

Husna Farhana dan Nurul Muttaqie. Penelitan Tindakan Kelas. Medan: LPPPI. 2020. cet.1.

Irawan. et.al. ”Dampak Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa BDR.” dalam Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. vol. 6. no. 1.

Jalaludin.Penelitian Tindakan Kelas: Prinsip Dan Praktik Instrument Pengumpulan Data.Surabaya: Pustaka Media Guru, Agustus 2021. cet.1.

KellyKevin. “Kewajiban Dan Kedisiplinan Belajar Siswa” Dalam Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Agustus 2022. Vol. 2, No. 3.

Khairina, et.al. ” Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial. Vol.1. Juli. 2020.

Ma’ruf Abdullah. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. 2015. Cet. 1.

Mela Putri Ayu. “Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid 19 Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Bungo Provinsi Jambi” (Tesis, Program PasacaSarjana UINSTS Jambi, 2021).

Mu`Alimin.Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Praktik. Pasuruan: Ganding, 2014.

Naryanto. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar. Jawa Tengah : Eureka Media Aksara. 2022. cet. 1.

Novita Mona. PTK Tidak horor. Surabaya: Pustaka media guru, 2018.

Quzuaini.” Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatul Iman” (Skripsi, Program Strata Satu UINSTS jambi, 2020).

Rahmat Hidayat Dan Abdillah. Ilmu Pendidikan: Konsep. Teori Dan Aplikasinya (Medan:LPPPI, 2019 ).

Raihan.“Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Prestasi Belajar PendidikanAgama Islam Terhadap Siswa SMA di Kabupaten Pidie”. Journal of Islamic Education. 2019. Vol. 2. No. 1.

Rijali Ahmad. “analisis data kualitati. “ jurnal alhadharah, vol.17, no. 33.

Rinjani Cintia. ”Reward And Punishment Methods In Islamic Education Perspective Of Bukhari And Muslim Hadith.” Islamic Education Journal. Oktober 2021. Vol. 4. No.2.

Sapto Haryoko, et.al., Analisis Data Penelitian Kualitatif: Konsep, Teknik & Prosedur Analisis. Makassar: Badan Penerbit UNM. 2020. Cet.1.

Sulaiman Saat Dan Sitti Mania. Pengantar Metodologi Penelitian: Panduan Bagi Peneliti Pemula. Sulawesi Selatan: Pustaka Almaida. 2020. Cet.1.

Syafrida Hafni Sahir. Metodologi Penelitian. Medan: KMB Indonesia, 2021. cet. 1.

Tim Penyempurna Terjemahan Al-Qur’an Kemetrian Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al,Quran, 2019.

Umi Latifatun Nafisah. “ Penerapan Reward Untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Dalam Belajar Studi Kasus Siswa MIN 1 Ponorogo “(Skripsi, Program Strata Satu IAIN Ponogoro, 2020 ).

Wastara Widya. “Pendidikan Dan Pembelajaran,” Vol. 2, No. 3. Agustus 2022

Widiasworo Erwin.Strategi Dan Metode Mengajar Di Luar Kelas: Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Yudhistira Dadang.Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Afik: Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten. Jakarta : PT Garasindo, 2013.

Yusuf Munir. Pengantar ilmu Pendidikan: Memahami Pendidikan. Palopo: 2018. cet.1.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Khairi, U., Kurniawan, S., & Wiseza, F. C. (2024). Model Reward and Punishment dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 79–101. https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.596

Most read articles by the same author(s)