Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Proyek pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 110/II Dusun Teluk Kecimbung Kabupaten Bungo

Authors

  • Novi Mustika Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Isamuddin Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Soni Yuda Ariyanto Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.590

Keywords:

IPA, Hasil Belajar, Metode Proyek

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan metode proyek pada materi ilmiyah subtema 4 rencana tumbuh kembang, materi Tumbuh kembang Makhluk Hidup pada siswa kelas III SDN 110/II di Teluk Kecimbung. Kabupaten Bungo. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kammis dan MC Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada siklus kedua, masing-masing terdiri dari 2 x pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Tes, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, berikut adalah hasil belajar siswa pra siklus sebelum penerapan metode proyek nilai rata-rata siswa dengan KKM 53,69% (10,53%) Setelah pembelajaran menggunakan proyek metode terbukti bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 66,31% dengan KKM (57,89%) dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 83,68% dengan KKM (83, 31%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd.kadir dan Hanum Asrohan, Pembelajaran Tematik. Jakarta:Rajawali,2015

Agus Taufiq, et.al., Pendidikan Anak di SD Jakarta: Universitas Terbuka,2010

Ahmad Rijali.”Analisis Data Kualitatif.” Dalam UIN Antasari Banjarmasin”, Vol. 17, no. 33.

Amir Hamzah. Penelitian Berbasis Proyek. Malang:Cv.Literasi Nusantara Abadi,2019.cet.II.

Ani setiani dan Doni Juni Priansa, Menejemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Cerdas, Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta,Cv,2015

Aqib Zainal,et.al. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya,2014

Asep Herry Hernawan,et.al., Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka,2009

Ayuning Raresik,et.al., “Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Siswa Kelas v SD Gugus VI,” dalam Jurusan PGSD, vol. 4. No. 1

Azhar Arsya.Media Pembelajaran Depok: RajaGrafindo Persada,2016. cet.19

Benidiktus Tanujaya dan Jeinne Mumu, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Media Akademi,2016,cet.1

Buasim,”Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Satuan Jarak Dan Kecepatan Pada Mata Pelajaran Matematika,” dalam Jurnal Refleksi Pembelajarn, Vol,4, no.1

Dadang Kahmad, Metode Penelitian Agama. Bandung:CV Pustaka Setia,2000,cet.

Dimyati dan Mudjiono,Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta,2015

Dosen Pendidikan, Penegrtian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Dwi Purti Lestari,” Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas III SD/MI Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Dengan Kurikulum 2013”Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokweto,2021

Fandi Rosi Saryo Edi,Teori Wawanvara Psikodiagnostik .Yogyakarta:Lautikaptio,2016.

Hermin Tri Wahyuni,et.al., “Implementasi Pembelajaran Tematik,” dalam Edcomtech.Vol.1, no.2

Ida Arsani, et.al. “Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan 3M Untuk Meningkatkan Keaktifan Anak Kelompok A TK Negri Pembina.” Dalam Jurnal PG PAUD, 2010. Vol.3

Igak Wardhani dan Kuswaya. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Lingga Jati, “Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran teknik Pemesinan Bubut Untuk Meningkatkan Hasl Belajar Siswa Di SMK Muhamadiyah Prambanan” Skripsi,Universitas Negri Yongyakarta, 2015

M.Toha Anggoro, Metode Penelitian .Jakarta: Universitas Terbuka,2010, cet. 12.

Mona Novita. PTK Tidak Horor. Surabaya: CV Pustaka Media Guru, 2018.

Muchlisin Riadi, “ Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).” http://www.kajianpustaka.com

Nasution, Metode Researe.Jakarta: PT Bumi Aksara, Cet.13

Novia kumala “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Proyek Terhadap Mata Pelajaran IPA Materi Bumi Dan Alam Semesta Kelas V MIN 12 Medan”(Skripsi Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan UniversitasIslam Negri Medan)

Novika Ayuliana Sari,et.al.,”Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,”dalam Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol.3, no. 12

Pcn, “ Kurikulum 2013 Dorong Siswa Lebih Kreatif.” http://www.beritasatu.com

Riska Fatdianti,et.al.” Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran anak kelompok B.” Dalam Jurnal PG PAUD.

Sitepu, Penulis Buku Teks Pelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2012

Siti Rohmah, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya Dengan Menggunakan Metode Proyek Paa Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tingkirlor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun 2018”Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga,2018

Sri Anitah W, Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka,2007,cet.1

Sri Ayu Hartina,”PTK-Verivikasi Data.” http://www.blogspot.com

Theresia Sipi,” Meningkatkan Hasil Belajar Materi Energi dan Perubahannya Dengan Menggunakan Metode Proyek Pada Salah Satu Sekolah di Nusa Tenggara Timur,”dalam Gama Wiradora, vol. 10. no. 1

UU Republik Indonesia No 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional

Vina Herviani dan Angky Febriyansyah,”Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Young Enterprenrue Academi Indonesia Bandung,” dalam Jurnal Riset Akutansi, vol.VIII.no. 2

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Mustika, N., Isamuddin, & Yuda Ariyanto, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Proyek pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 110/II Dusun Teluk Kecimbung Kabupaten Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 118–140. https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.590