Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Who Wants To Be A Smart Student Pada Pelajaran IPA Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI SDN 122/II Rantau Keloyang Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.359Keywords:
metode who wants to be a smart student, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas VISDN 122/II Rantau Keloyang Kabupaten Bungo yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi “selamatkan makhluk hidup†melalui penerapan metode who wants to be a smart student. Model penelitian tindakan kelas yang diterapkan merupakan model siklus yang dipelopori oleh Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan sekaligus observasi, refleksi dan perencanaan ulang.Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.Instrument pengumpulan data menggunakan instrument observasi, soal-soal tes,alat dokumentasi dan lembar wawancara.Analisis data penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung persentase hasil observasi dan hasil belajar.Analisis kualitatif dengan mendeskripsikan hasil observasi dari aktifitas belajar siswa.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada mata pelajaran IPA tema selamatkan mahkluk hidup diperoleh rata-rata persentase hasil belajar siswa atau yang mencapai KKM 70 siklus I yaitu 63,15% degan jumlah siswa yang tuntas yaitu 12 orang dari total 19 orang jumlah keseluruhan. Pada tindakan siklus II rata-rata persentase hasil belajar kembali mengalami peningkatan 94,74% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dari total 19 orang jumlah keseluruhan. Berdasarkan hal ini maka disimpulkan, bahwa metode who wants to be a smart student terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Dimyati dan Midjiono.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Fakhrurrazi.“Hakikat Pembelajaran yang Efektifâ€.Vol. XI, No. 1.
Hamzah B. Uno.Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Lubis Grafura dan Ari Wijayanti.Metode & Strategi Pembelajaran Yang Unik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2014.
Muhammad Afandi. “Pentingnya Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasarâ€.Vol.I, No.1.
Mulyasa.Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Nofi Yanti. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Komperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Pokok Shalat Jumat Di Kelas VII Di MTS al- Hasanah Medan†(Skripsi, Program Strata I UIN Sumatra Utara, 2017).
Nurkholis. “Pendidikan Dalam Upay Memejukan Teknologiâ€. Vol. 1, No. 1
Subur.Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah.Yogyakarta: Kalimedia, 2015.
Yan Ahyana Putra. “Penerapan Metode Who Wants To Be A Smart Student Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 42 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016†(Skripsi, Program Strata I Universitas Mataram, 2016).
Yoyok Soesatyo,dkk. “Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjoâ€.Vol.I, No. 2.