Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada mata Pelajaran Fiqih di Kelas III Madrasah Ibtidayah Negeri IV Kabupaten Bungo

Authors

  • Zubaini Zubaini Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sriani Sriani Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Feerlie Moonthana Indhra Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo

Keywords:

Media Audio Visual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fikih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan peneliti yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi fiqih tentang shalat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi hasil observasi siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi shalat pada mata pelajaran Fikih sebelum diterapkan media Audio Visual (Film Animasi) hanya 2 siswa (14,28%), siswa yang memiliki kriteria tinggi 1 siswa (7,14%), yang memiliki kriteria sedang berjumlah 2 siswa (14,28%), sedangkan 6 siswa memiliki kriteria rendah (42,85%), dan 3 siswa lainnya termasuk dalam kriteria sangat rendah (21,42%), namun setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu menerapkan strategi pembelajaran menggunakan media Audio Visual. (Film Animasi) pada siklus I. Dari 21 siswa di kelas III, terdapat 12 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Sedangkan 9 siswa lainnya masih belum tuntas, pada Siklus II Dari 21 siswa di kelas III hanya 2 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar individu yang nilainya di bawah Kriteria K Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan, hasil penelitian ini kembali sakit indikator kinerja. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual (film animasi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

http://blogsayasaja.wordpress.com/2011/03/13/komponen-indikator-hasil-belajar diunduh pada tanggal 27 maret 2019.
Imam Bashori Assayuthi, Bimbingan Ibadah Shalat Lengkap (Surabaya:Mitra Ummat, 1998.
Imas Kunarsih & Berlin Sani. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Kata Pena. 2014.
Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.
M. Subana, dan Sudrajat, Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia, 2005.
M.hanafi, Tuntunan Shalat Lengkap Jakarta: Sinar Terang, 2007.
Masyitoh dan Laksmi Dewi, “Strategi Pembelajaran”, Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, , (Jakarta: Rineka Cipta, 2018.
Masyitoh dan Laksmi Dewi, “Strategi Pembelajaran”, Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah.
Muhibbin Syah,Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2015.
Nana Sudjana, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017. Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 2 tentang Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran pendidikan agama islam dan bahasa arab Madrasah Ibtidaiyah tahun 2008
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 2 tentang Standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran pendidikan agama islam dan bahasa arab Madrasah Ibtidaiyah tahun 2019.
Suharsimi Arianto dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Sulaiman Rasjid, fiqih islam Bandung, sinar baru algesindo, 2017.
Suryosubroto,Proses Belajar Mengajar di sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2017. Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo, Satria, Menjadi Peneliti PTK yang Profesional, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2012.
Suryosubroto,Proses Belajar Mengajar di sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2010. Trianto, Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2017.
Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks. 2015.
Zainal Aqib,Dkk, PTk Penelitian Tindakan Kelas Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2017.

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Zubaini, Z., Sriani, S., Indhra, F. M., & Adilla, U. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada mata Pelajaran Fiqih di Kelas III Madrasah Ibtidayah Negeri IV Kabupaten Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 107–134. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/el-Madib/article/view/352

Most read articles by the same author(s)