Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Group Investigation pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri 71/II Sungai Gambir Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo

Authors

  • Yarwati Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i2.620

Keywords:

Minat belajar siswa, Model, Group investigation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model group investigation pada pembelajaran pkn pokokpembahasan tema 9 benda dalam kegiatan ekonomi subtema 2 pembelajaran ketiga tentang makna penting persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.peneliti memakai model penelitian Kemmis dan Taggart, Penelitian ini dilakukan dikelas V Sekolah Dasar Negeri 71/II Sungai Gambir yang dilatar belakangi keadaan siswa yang menunjukkan kurangnya minat belajar dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan 2 pertemuan pada setiap siklus dan menerapkan model group investigation.Langkah-langkah penerapannya ada empat tahap yaitu perencanaan,pengamatan dan tindakan,refleksi dan perencanaan ulang,objek penelitian yaitu siswa untuk instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi,wawancara dan dokumentasi.Minat belajar siswa siklus 1 pada indikator perasaan senang 50%,keterlibatan 60%,ketertarikan 60%,perhatian 55% dan siklus IIpada indikator perasaan senang 83%,keterlibatan 77%,ketertarikan 88%,perhatian 87%Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model group investigation dapat meningkatkan minat belajar pada pembelajaran pkn pokok pembahasan tema 9 benda dalam kegiatan ekonomi subtema 2 pembelajaran ketiga tentang festival budaya nusantara. Dengan demikian, penggunaan model group investigation dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Pkn dengan pokok pembahasan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Charu P. “pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran” fakultas tarbiyah dan keguruan makassar jl. HM. Yasin Limpo No. 36 makassar,jurnal IDAARAH, VOL. III, NO.2, DESEMBER 2019

Benidiktus Tanujaya dan jeinne Mumu, penelitian tindakan kelas: panduan belajar,mengajar dan meneliti (yogyakarta: media Akademi, 2016)

Carol Sansone and Judith M. Harakiewisz, instinsic and extrinsic motion ; The Search for Optimal Motivation and Performance, ( london: academic Press,2000)

Cresweel,John W,Education Research:Planning,Conducting and evaluating Quantitative and Qualitative Research:Fourth Edition (Boston MA: Pearson Education Inc, 2012)

Dadang Yudhistira, menulis penelitian tindakan kelas yang APIK:asli,perlu,ilmiahkonsisten. (jakarta:PT Grasindo, 2013)

Darmadi, “Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika BelajarSiswa”, (Yogyakarta: Deepublish, 2017)

Dewa Ayu Rai Yuniari, Made Putra,I Wayan Wiarta,(2018). Jurnal pendidikan multikultural indonesia Vol. 1 (1)

Erwin Widiasworo,strstegi dan metode mengajar di luar kelas (Outdoor learning): secara aktif,kreatif,insfiratif dan komunikatif(Yogyakarta:Ar-Ruzz media,2016)

Fauzi dan srikantono superior “Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan transformasiSosial” ( ( Jln. Lumba-lumba RT. 01 RW. 02 Kaliwates Jember :oktober 2013)

Harmoni Sosial : Jurnsal Pendidikan IPS V olume6, No 2,september 2019(164- 174)

Hazari Gustina,pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematikadi sekolah dasar negeri 68 kota Bengkulu(skripsi,fakultas tarbiah dan tadris IAI negeri Bengkulu,2020)

Imron Fauzi “ Pendidikan Kewarganegaraan”, superior Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial”

Jasa ungguh Muliawan,penelitian tindakan kelas: clasroom action research (yogyakarta:Gava Media,2010)

Kementerian Agama RI. Alquran dan terjemahnya. Jakarta : PT.Senergi Pustaka Indonesia,2012

lilik Binti Mirnawati “ pengaruh Model Pmebelajaran Kooperatif tipe group investigation terhadap kreativitas Mahasiswa semester 1 PGSD UM Surabaya Pada Mata Kuliah pengantar Manajemen Pendidikan” jurnal pendidikan, 6.1 2017)

Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Dekriptif Kualitatif,(jakarta: Referensi, 2013)

Nur Khalida prettina,peningkatan minat belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD(Student teams Acievement Divisions)pada siswa kelas V SD N 1 sedayu Bantul”(skripsi,FIP Universitas Negeri Yogyakarta,2016)

Robert E. Slavin, “Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik”, (Bandung: Nusa Media, 2005)

Rusman , “ model-model pembelajaran megembangkan profesionalisme guru” (jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2010)

Rusman, “Model-Model Pembelajaraan Mengembangkan Profesionalisme Guru”, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010)

Rusman,Belajar dan pemebelajaran berorientasi standar proses pendidikan(jakarta:kencana,2017)

Suyono dan Hariyanto, implementasi belajar,,, 176 Tanujaya dan Mumu, penelitian tindakan kelas,

Ulfiani Rahman,buku memahami psikologi dalam pendidikan ( teori dan aplikasi), lauddin Universitas press

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Yarwati, & Adilla, U. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Group Investigation pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri 71/II Sungai Gambir Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 135–158. https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i2.620