Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna Melalui Media Papan Warna di Kelompok A Pendidikan Anak Usia Dini Aur Mayan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.793Keywords:
Kemampuan Kognitif, Warna, Media Papan WarnaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna pada anak kelompok A Paud Aur Mayan melalui media papan warna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A Paud Aur Mayan yang berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila penggunaan media papan warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna memperoleh nilai 75% keatas dari semua indikator kemampuan kognitif berada pada indikator berkembang sangat baik. Meningkatnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dapat dibuktikan dengan peningkatan dari hasil observasi prasiklus, siklus I dan siklus II. Kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna pada prasiklus menunjukkan rata-rata persentase 21,88%. Pada siklus I meningkat mencapai 40,63% dan siklus II meningkat mencapai persentase 81,25% dan telah memenuhi indikator keberhasilan minimal 75% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media papan warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna di kelompok A Paud Aur Mayan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo.
Downloads
References
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 2010.
Kementerian Agama. Syamil Qur’an Bukhara Tajwid dan Terjemah. Bandung: Syamil Qur’an, 2010.
Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Permana Media Group, 2012.
Ali Nugraha. Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation, 2008.
A.Muri Yusuf. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2017, cet. 4.
Andi Aslindah. Alat Permainan Edukatif (Media Stimulus Anak jadi Aktif dan Kreatif). Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center, 2018.
Asrul, dkk.Strategi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Membina SDM yang Berkarakter. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Benidiktus Tanujaya & Jeinne Mumu.PTK: Tindakan dalam PTK. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Cresweel, John W. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research: Fourth EditionI. Boston MA: Pearson Education Inc, 2012.
Dadan Suryana.Pendidikan Anak Usia Dini. Padang: UNP Press, 2013, Cet. 1
Dini Siswani Mulia dan Suwarno.“PTK dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SDN Kalisube.” dalam Jurnal Kependidikan, vol. IX, no. 2.
Endang Puspitasari. Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bojonegoro: Guepedia, 2021.
Harris Iskandar. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendididkan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD, 2018, cet. 1.
Harun Rasyid, et.al. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009.
Ibnu Teguh Wibowo. Belajar Desain Grafis. Yogyakarta: Buku Pintar, 2013.
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial.Jakarta: Gaung Persada Press, 2008, cet.1.s
Khadijah.Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: IKAPI, 2016.
Ki Fudyartana. Psikologi Umum I & II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Latifa.“Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna dengan Metode Demonstrasi Pencampuran Pewarna Kue.”E-Journal, 2010.
Latif, dkk.Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini.
Maghfi dan Suyadi.“Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Papan Pintar.”Jurnal Program Studi PGRA.
Mayke, S. Tedjasaputra. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarata: Grasindo, 2001.
Moeslichatoen.R. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Mona Novita. PTK Tidak Horor. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru, 2018.
Montolalu.Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2005.
Mukhtar.Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi, 2013.
Neti Marliati. “Penggunaan Metode Karyawisata untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna pada Anak TK.”E-Journal, 2012.
Nilawati Tadjuddin. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing, 2015.
Nova Ardy Wiyani.Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grava Media, 2014.
Permendikbud No 137 Tahun 2014.Standar Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 1.
Nurati.“Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda.”Southeast Asian Journal of Islamic Education, vol. 2, no. 1.
Petrus Redy Patrus Jaya.“Pengolahan Hasil Penilaian PAUD.” dalam Jurnal Lonto Leok, vol. 2, no. 1, tahun 2019.
Putri Ayu Maharani. “Pengaruh Video Animasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anka Usia Dini.” Journal of Childhood Education, vol. 5, no. 1.
Rahma Daniati. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Flanel Es Krim.” Jurnal SPEKTRUM PLS, vol. 1, no. 1.
Rika Mahdelin Putri, Rismareni Pransiska. “Hubungan Bahasa Verbal Guru Terhadap Perkembangan Kognitif Anak di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 3.
Riskal Fitri, Mutmainnah Mursidin.“Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bersumber dari Alam di Taman Kanak-Kanak Kelompok B Andi Patteddu Kabupaten Baru.” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 2.
Sadiman & Arif.Media Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Siti Mardhiyah. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Kelompok A Ra Tamanagung 3 Muntilan.”E-Journal, 2014.
Slamet Suyanto. Pembelajaran untuk Anak TK . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
Sugihartono, et.al. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press, 2007.
Sugiyono.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sri Ayu Hartina. “PTK-VERIVIKASI DATA” http://mybestblogsaddress.com/ptk penelitian-tindakan-kelas.diakses pada tanggal 28 Juli 2024.
Sri Handayani. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna dengan Media Papan Pintar Warna.”JKPM, vol. 4, no. 1.
Sutarto.“Teori Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran.”Jurnal ISLAMIC CONSELING, vol. 1, no. 2.
Syamsu Yusuf L. N. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Grafindo Persada, 2011.
Wijaya Kusumah dan Dedi Dwitagama.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: PT Indeks, 2011, cet. 2.
Yulinda Maslich. “Pengembangan Alat Permainan Papan Pintar bagi Anak Kelompok A di TK Nasional Samirono Caturtunggal.”E-Journal.
Zainal Aqib, et.al.Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017, cet.1.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.