Model Cooperative Integrated Reading and Composition Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Siska Damayanti Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i2.597

Keywords:

Hasil Belajar, Tema 8 Subtema 1, Model Cooperative Integrated Reading and Composition

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11/II Teluk Pandak. Dilihat dari nilai rata-rata dari 13 siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis and Taggart dan melalui beberapa tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan dan pengamatan, (3) refleksi, (4) perencanaan ulang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada tema 8 subtema 1 siswa kelas kelas V Sekolah Dasar Negeri 11/II Teluk Pandak pada tahun 2020/2021 melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Penelitian ini dilakukan 2 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan tatap muka dan 1 kali evaluasi/tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar Observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada tema 8 subtema 1 siswa kelas kelas V Sekolah Dasar Negeri 11/II Teluk Pandak semester II tahun ajaran 2020/2021 dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition yang dapat menarik dan membuat pola pikir yang kreatif, dan aktif. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kenaikan persentase jumlah siswa yang memenuhi KKM dari kondisi awal (prasiklus) sebesar 66,54%, pada siklus I sebesar 71,38%, dan pada siklus II sebesar 78,15%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, et.al. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah : Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC

Andi Prastowo, “Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Indonesia (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Menuju Kurikulum 2013 Hingga Kurikulum Ganda)”, Jurnal Ilmiah PGMI, Vol. 4, No 2, Desember 2018

Ani widaynti, “Penelitian Tindakan Kelas”, dalam jurnal pendidikan akuntansi indonesia, vol VI, no. 1

Benidiktus Tanujaya dan Jeinne Mumu, Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Belajar, Mengajar dan Meneliti, (Yogyakarta: Media Akademi, 2016)

Dimyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Pembalajaran, (Jakarta: Rineka Cipta Tahun 2009)

Drg. K.R. Soegijono, MS, “Wawancara sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data”, dalam Media Litbangkes, vol. 3, no. 1

Ekawarna, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2011)

Hamzah B Uno et al, Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Hasyim Hasanah, “Teknik-Teknik Observasi”, dalam Jurnal at-Taqaddum, vol. 8, no. 1

Ilawati Pristiani, Cara Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, diakses melalui http://www.ilawati.apt.compada tanggal 24 Juni 2021.

Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010)

Iskandar Agung, Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru, (Jakarta Timur: Bestari Buana Murni, 2012

J. Suparto, Metode Riset: Aplikasinya Dalam Pemasaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2012

Miles dab Hubermen, Metode Penelitian kuantitatif dan kualitatif, (Bandung; Alfabeta 2011)

Mohamad Surya, Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasinya (Bandung: Alfabeta, 2015

Mona Novita, PTK Tidak Horor, (Surabaya: CV Pustaka Media Guru), cet. 1

Muakhirin, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD”, Jurnal Ilmiah Guru, Vol 2, No. 01

Muhamad Afandi, et.al. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah: Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Semarang: UNISSULA PRESS, 2013)

Muhammad Amin, Daftar Tenaga Pengajar SDN 11/II Teluk Pandak

Ndaru Kukuh Masgumelar, Konsep Landasan Teori, Hipotesis, Macam-macam Hipotesis, Pengujian Hipotesis, dan macam-macam Penelitian, (Malang, 2020)

Nur Aini Zulfa, “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Directed Reading Thinking Activity Berbantu Media Audio Visual Pada Materi Menentukan Gagasan Pokok Dalam Paragraf Bacaan Siswa Kelas Iv Mi Al-Islam Bonomerto Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang” (Skripsi, program Strata 1 IAIN Salatiga 2019)

Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

Rahma Tisa Nurpratiwi, et al.“Peningkatan Aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui metode picture and picture dengan media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi”. Dalam jurnal Geoedukasi, Vol, 4. No. 2

Rosman Hartini Sam’s, Model Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta: Teras, 2010)

S. Nasution, Metode Research: Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

S.Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), cet.8

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2018

UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-03-03

How to Cite

Damayanti, S., & Adilla, U. (2022). Model Cooperative Integrated Reading and Composition Meningkatkan Hasil Belajar. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 160–175. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i2.597

Most read articles by the same author(s)