Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Project Based Learning Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Authors

  • Sulis Setiana Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Istikomah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Misnawati Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.603

Keywords:

Motivasi Belajar, Projec Based Learning, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Project Based Learning pembelajaran indonesiaku kaya budaya kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakatan kelas (PTK). PTK adalah proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dan upaya memecahkannya dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari tindakan tersebut. Model PTK yang di gunakan adalah model kemmis dan taggart yang terdiri dari perencanaa, tindakan dan pengamatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi Project Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah terlaksana dan mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari hasil observasi aktivias siswa siklus I 62,5% dan siklus II 77,08%. Berdasarkan wawancara, guru mengatakan siswa mengalami peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan strategi Project Based Learning. Dan hasil angket yang dilakukan pada akhir siklus menunjukkan peningkatan motivasi dengan hasil siklus I 68,41% dan siklus II meningkat 71,63%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Agama RI. Mushaf Tajwid Warna Ash- Shafa. Surakarta: Shafa Media, 2021.

Afandi. ”Gambar 1 Alur PTK Kemmis Mc Taggart.”https://www.researchgate.net/ figure/gambar- 1- Alur- PTK- Model- Kemmis- McTaggart - Afandi2013_ figl_ 328361821.

Bams. “Keberagaman Budaya Bangsa dan Negara Indonesia. ”https://pasla.jambi prov. go.id/ keberagaman- budaya- bangsa- dan - negara- indonesia.

Elvina Bastari. “ Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Suka Bumi Indah Bandar Lampung ” (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2019).

Hafizhah Lukitasari. ”Penerapan Pembelajran Pjbl Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajran Siswa Kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga” (Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2015).

Halim Purnomo dan Yunahar Ilyas. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek: Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media, 2019.

Hana Nur Fadillah. ”Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 01 Sidoarjo Pringsewu” (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022).

Inas Nafisah. ”Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Pembuatan Awetan Bioplastik Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII di Smp Negeri 12 Bandar Lampung Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup” (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2017).

Jalaludin. Penelitian Tindakan Kelas: Model-Model PTK Surabaya: CV Pustaka Mediaguru, 2021, cet. 1.

Lia Candra Dewi. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muthma`Innah Kota Jambi” (Skripsi, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, 2018)

Lidya Fitriani. “ Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 106 Bengkulu Selatan” (Tesis, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022).

Melizubaida Mahmud. “Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Stenografi.” dalam Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 01, no. 03

Muhammad Fathrrohman dan Sulistyorini. Belajar & Pembelajaran: Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Yogtakarta : Depok Sleman, 2012.

M. Resky. “Surah Al-Mujadalah Ayat 11 Terjemahan dan Tafsir Al-Qur`An.” https://pecihitam.org/surah-al-mujadalah-ayat-11-terjemahan-dan-tafsir-al- quran/.

Nasrah dan A. Muafisah. ”Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19.” dalam Riset Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 2.

Nuning Indah Pratiwi. ”Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.” dalam Ilmiah Dinamika Sosial, vol. 1, no. 2.

Nuning Setyowati dan Mawardi. ”Sinergi Project Based Learning Dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” dalam Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 8, no. 3.

Oki Dian, et.al. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial: Indonesiaku Kaya Budaya.

Jakarta: Yudis Tira, 2022, cet. 1.

Rahmasdi. Pengantar Metodologi Penelitian: Data dan Jenis Data. Banjarmasin: Antasari Press, 2011, cet. 1.

Rusydi Ananda dan Fitri Hayati. Variabel Belajar: Motivasi Belajar. Medan: CV.Pusdik MJ, 2020.

Sri Hayati. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning: Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Magelang: Graha Cendekia,2017.

Suherman. “RPP AKSI. ”https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/652061-167 461 1919. pdf.

Syarifan Nurjan. Psikologi Belajar: Belajar Dan Perilaku Belajar. Ponorogo: Wade Group, 2016, cet. 2.

Tatang Sunendar. ”Meracang Pembelajaran IPAS di SD. ”http://beritadisdik.com/ news/kaji/merancang-pembelajaran- ipas- di- sd.

Ummi Kalsum. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Resourse Based Learning (RBL) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 52 Kota Bengkulu” (Skripsi, IAIN Bengkulu, 2019).

Yuliana Siregar. “Motivasi Belajar Dalam Pandangan Al-Qur`An.” dalam Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, no. 3, vol. 3.

Zakiyah. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII di Pondok Pesantren Salafiah Safi`Iyah Al- Sihaaqi Kabupaten Bungo” (Skripsi, IAI Yasni Muara Bungo, 2022

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Setiana, S., Istikomah, Adilla, U., & Misnawati. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Project Based Learning Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 141–161. https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.603