Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Jarimatika pada Materi Kelipatan Bilangan di Kelas IV SDN 140/II Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo

Authors

  • Siti Afriastini Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sungkowo Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ulfa Adilla Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Yurnalisma Dewi Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.587

Keywords:

Media Jarimatika, Hasil Belajar, Pembelajaran Kelipatan Bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 140/II Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo pada mata pelajaran Kelipatan Bilangan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis and Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Kelipatan Bilangan di kelas IV SDN 140/II Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo. Hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan peneliti yaitu 60%  pada masing-masing indikator hasil belajar. persentase hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 31,81%. Pada siklus I sebesar 54,54%, dan pada siklus II mencapai 86,36%. Berdasarkan hasil analisis data, maka penerapan media jarimatika pada pembelajaran Kelipatan Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 140/II Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya,Strategi Belajar Mengajar,Bandung: Pustaka setia.2005.

Ali Subhan Afrizal, “ Aplikasi Pembelajaran Jarimatika Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pendidikan Sekolah Dasar,” dalam Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik, Vol. VIII, no. 1.

Almira Amir, “Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif,” dalam Jurnal Forum Paedagogik,Vol. VI, no.1.

Andi Rosna, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Terpencil Biana Barat,” dalam Jurnal Kreatif Online,Vol. 4, no. 6.

Anisa Nur Hamimah, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas IVA SDN Karangayu 02 Kota Semarang,” (Skripsi, Universitas Negri Semarang, 2011).

Anggeraini Fitrianingtyas dan Elvira Hoesein Radia, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SD Gedanganak 02,” dalam Jurnal Mitra Pendidikan, Vol.1, no. 6.

Atiaturrahmaniah, “Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SDN 2 Pancor,” dalam Jurnal Education, Vol. 6, no. 2

Dian Novi Suryani, Tata Usaha SDN 140/II Talang Silungko, wawancara, 4 Agustus 2020.

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif,Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Hasratudin, “Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika,” dalam Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol. 6, no. 2.

Hendra, ABC Aneka Berhitung Cepat, Bogor: R3w Media. 2012.

Ida Fiteriani, “Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasi Pada Materi IPA Di MIN Bandar Lampung,” dalam Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar , Vol. 4, no. 4.

Ilawati Pristian, “Cara Meningkatkan Hasil belajar siswa.” http://www.ilawati-apt.com. Diakses Pada Tanggal 20 agustus 2020.

Downloads

Published

2022-09-03

How to Cite

Afriastini, S., Sungkowo, Adilla, U., & Dewi, Y. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Jarimatika pada Materi Kelipatan Bilangan di Kelas IV SDN 140/II Talang Silungko Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1–30. https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.587

Most read articles by the same author(s)