Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Realia Sekolah Dasar Negeri 138/II Daya Murni Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i2.1097Keywords:
Hasil Belajar, Media Realia, IPAS, Vegetatif BuatanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Proses dan hasil peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media realia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 138/II Daya Murni Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian difokuskan pada pembelajaran materi "Perkembangbiakan Tumbuhan secara Vegetatif Buatan" menggunakan media realia seperti tumbuhan asli yang dicangkok, distek, dirunduk, dan dienten. Media realia yang digunakan berupa spesimen tumbuhan yang dapat dicangkok, distek, dirunduk, dan dienten. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada seluruh aspek hasil belajar siswa secara kognitif. Pada tahap pra-siklus, ketuntasan belajar siswa sebesar 62,3%. Pada siklus I meningkat menjadi 67,67%, dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 89,46%. Penggunaan media realia terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perkembangbiakan vegetatif buatan, serta meningkatkan keterlibatan aktif dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Peran guru menjadi lebih aktif dan pembelajaran menjadi lebih berpusat pada siswa melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan praktik nyata. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media realia efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS.
Downloads
References
Amalia, Fitra. Penerapan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd Inpres Batulapisi Kec. Tinggimoncong Kab. Gowa. Skripsi. Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan. 2023.
Andryannisa, Mahesya Az-zahra . et all. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan
Anita Sari, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Magic Ball Pada Peserta Didik Kelas 5 Di Sekolah Dasar Negeri Rapah 02 Banyubiru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Undaris. 2023.
Ayu Nanda Septiana dan I Made Ari Winangun, “Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar”, dalam Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 1, No 1, April 2023, h. 46.
Desma Sholihat dan Abu Anwar. “Rumpun ilmu Pengetahuan Alam dalam Perspektif
Diana Dewi Lestari dan Rasto. “Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Pengaruh Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar Siswa, dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran”. Vol. 9. No.1. 2024.
Febriani, Nabilla. “Pengembangan E-Modul Ipas (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) Materi Tumbuhan Sumber Kehidupan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sdn 01 Pengasinan”. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.
Innayatusolehah. et all. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Media Realia Siswa Kelas Iv B Sdn Mlati Harjo 01 semarang”. dalam Joyful Learning Journal, Vol. 13, No. 1, 2024.
Islam dan Barat”, dalam Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 5 No. 2. 2023.
Kementerian Agama RI, Al qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: PT Sinergi Pustaka Indonesia, 2019).
Kurniawati, rika oktavia. penerapan media boneka tangan dalam peningkatkan keterampilan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di tk baiturrahim simbarwaringin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (Iain) Metro, 2024.
Marzuki dan Dodo Santo Boroneo. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas Vii Smpn 1 Ambalau”. dalam Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 6 No. 2. 2023.
Menggunakan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Sd Islam Riyadhul Jannah Depok”. dalam Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, Vol. 2. No. 3. 2023.
Muntya Sari, Aprillani. “Penelitian Tindakan Kelas (Ptk): Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dan Metode”,https://pe.feb.unesa.ac.id/post/penelitian-tindakan-kelas-ptk-pengertian tujuan-manfaat-dan-metode. Diakses pada tanggal 23 Maret 2025.
Putra, Rizky Pratama. et all. “Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik)”. dalam Al-Karim: Journal Of Islamic And Educational Research, Vol. 2 No.1, 2024.
Riyanto, Aziz “Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas XI Di Sma N 6 Metro”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro. 2024.
Sari, Rita Novita. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipas Di Sd Islam Al-Furqon Sukadana Lampung Timur “. (Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro, 2024).
Sudirman, et all., Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran “Neurosains dan Multiple intelligence, Jawa tengah: Pena persada, 2024.
Ulfa Sadina Mukarima, et all., “Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Pembelajaran Magic Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis”, dalam jurnal penelitian tindakan kelas, Vol. 1, No. 1, Tahun 2023.
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003, Nomor 4301)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





