Integrasi Problem Based Learning dan Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Mirna Mirna Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ani Pajrini Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Misnawati Misnawati Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.1095

Keywords:

Minat Belajar, Model Problem Based Learning, Vidio Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 101/II Muara Bungo pada mata pelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantu media vidio animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah Kemmis and Taggart, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk instrumen peneliti menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini pada tahap pelaksanaannya menggunakan tahap sebagai berikut: a. Orientasi peserta didik pada masalah, b. Mengorganisasikan Kegiatan Pembelajaran, c. Membimbing Penyelidikan Mandiri dan Kelompok, d. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya, e. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah. Hasil peningkatan minat belajar siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 55,95% berada pada kriteria sangat kurang, siklus I Pertemuan II yaitu 65,27% berada pada kriteria kurang, siklus II pertemuan I yaitu 74,08% berada pada kriteria cukup, siklus II pertemuan II yaitu 83,22% berada pada kriteria baik dan telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru, Andi. Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran, Jurnal Idaarah, Vol. III, No. 2, Desember 2019.

Amir, Taufik. Inovasi Pendidikan Melalui Peroblem Based Learning. Jakarta: Kencana, 2009.

Andrasari, N. A. Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar.7(1), 36–44, 2022.

Ardiantini. Melejitkan Keterampilan Proses Sains Dasar Melalui Model Problem Based Learning. Jakarta: Ruang Karya, 2023.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2009.

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Azizah, Nurul. Berfikir Kritis Dan Problem Base dLearning.Surabaya: Media Sahabat Cendikia 2019.

Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Edison, Alfha. Model Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Lombok Tengah NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2021.

Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hanum. Filsafat Pendidikan Islam. Medan: Rayyan Press, 2017.

Hendra. Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jambi: Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Jalaludin. Penelitian Tindakan Kelas: Prinsip dan Praktik Instrumen Pengumpulan Data. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru, 2021.

Johari, Andriana. Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar. Journal of Mechanical Engineering Education, 10, 2014.Johar, Rahmah. Modul Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, 2006.

Kaelan. Pendidikan Pancasila. Jakarta: Paradigma, 2013.

Kemendikbudristek, Pendidikan Pancasila SD/MI. Edisi 1. Jakarta:Pusat perbukuan, 2023.

Kementrian Agama RI, Alqur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2020.

Khanifatul. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengolah Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta:Ar-RuzzMedia,2014.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks, 2011.

Lubis, Maulana Arafat dan Nashran Azizah, Pembelajaran Tematik SD/MI (Jakarta: Kencana, 2020.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Rosdakarya, Bandung, 2018.

Mashuri, D. K., & Budiyono. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11, 2020.

Misbahul Jannah. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA”, Jurnal ar-raniry: 2, 2, 2015.

Moh, Roqib. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS, 2019.

Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi, 2013.

Ngalimun, Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Dua Satria Offet, 2017.

Niko Reski, Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP N 11 Kota Sungai Penuh, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 11 April 2021.

Novita, Mona. PTK Tidak Horor. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru,2018.

Novita, Roro Kurnia. Minat Belajar: Konsep Dasar, Indikator dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2024.

Nur, Fitriani dan Masita. Pengembangan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Nas Media Pustaka, 2022.

Nurhana, Rizki. Rahmat Winata, Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol. 4, No. 1, Maret 2019, h. 7

Nurhasanah, Siti dan A. Sobandi, “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes),” Jawa Barat Volume. 1, no. 1 (Agustus 2016): 130.

Nurul Azizah, Berfikir Kritis Dan Problem Based Learning. Surabaya: Media Sahabat Cendikia 2019.

Priansa, Donni Juni. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta, 2014.

Puji Rahayu, dkk, “Eksperimentasi Model Problem Based Learing dan Discovery Learning pada perbandingan skala ditinjau dari sikap peserta terhadap matematika didik kelas VII SMP Kab.Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”, Vol.3 No.3, Mei 2015, 244.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS, 2019.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajarn. Bandung : Alfabeta, 2013.

Setyo, Arie Anang. dkk. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makasar: Yayasan Barcode. 2020.

Siswantian, Arnita Budi. Problem Based Learning. Yogyakarta: ANDI, 2023.

Solihatin, Etin. Cooperative Learning. Jakarta, Bumi Aksara, 2009.

Syafril dan Zelhendri Zen. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana, 2017.

Syarifah, Model Problem Based Learning dan Pembentukan Kelompok Sosial. Bekasi: Mikro Media Teknologi, 2022.

Tanujaya, Benidiktus dan Jeinne Mumu, Penelitian Tindakan Kelas Panduan Belajar, Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inivatif. Jakarta: Pretasi Pustaka 2007.

Widiasworo, Erwin. Strategi dan Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Learning): Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-03-23

How to Cite

Mirna, M., Pajrini, A., & Misnawati, M. (2025). Integrasi Problem Based Learning dan Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 72–97. https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.1095

Most read articles by the same author(s)