Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Model Circuit Learning di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tanah Bekali
Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Model Circuit LearningAbstract
Peneliti sebagai guru mencoba menerapkan model Circuit Learning dan model Kemmis dan Mc Taggart dengan orientasi belajar bagi siswa. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik seiring dengan efektifitas pembelajaran yang dilakukan. Model pembelajaran yang inovatif seperti Model Circuit Learning dan model Kemmis dan Mc Taggart telah mendukung dan membangkitkan potensi siswa untuk belajar aktif. Siswa dibimbing dalam bentuk individu, agar pembelajaran yang didapat lebih baik. Dari kedua siklus tersebut terlihat bahwa hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tanah Bekali lebih meningkat jika pembelajaran dilakukan dengan menggunakan Model Circuit Learning dan Model Kemmis dan Mc Taggart. Pada siklus I materi Sumber Daya Alam menggunakan Model Circuit Learning dan model Kemmis dan Mc Taggart nilai rata-rata siswa adalah 71,86%, sedangkan pada siklus II dengan materi Sumber Daya Alam menggunakan Model Pembelajaran Sirkuit dan Kemmis dan Mc Model Taggart siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tanah Bekali rata-rata nilai siswa mencapai 86,36. Dengan melihat tabel hasil tes pada siklus II, ternyata hasil belajar siswa meningkat dari 71,86 pada siklus I dengan kategori cukup, menjadi 86,36 pada siklus II dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tanah Bekali pada pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam dengan Model Pembelajaran Circuit Learning dan model Kemmis dan Mc Taggart dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Asriaty Jely Tumanggor, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar, (Skripsi, UMSU Medan, 2019
Dosen Pendidikan, Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli. https://dosenpendidikan.co.id.
Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo dan Dra.Satria, Menjadi Peneliti PTK yang Profesional, Jakarta: Bumi Aksara,2011.
Hidayah,â€Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Circuit Learningâ€(Penelitian Tindaka Kelas,Program Pascasarjana, UIN Jambi,2020).
Isnu Hidayat, Strategi Pembelajaran Populer, Yogyakarta:DIVA Press,2019.
Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
Laili Rahmi, Strategi Jitu Hipnotis Siswa Menyukai IPA, Surabaya; CV.Pustaka Media Guru,2018.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Mona Novita, PTK Tidak Horor, Surabaya: CV. Pstaka Media Guru, 2018.
Muakhirin,â€Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SDâ€, Jurnal Ilmiah Guru,Vol. 2, No. 01, h. 54
Mulyasa. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.
Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar,2015.
Muhammad Siri Dangnga, Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif, Makassar: SIBUKU Makassar,2015.
Nurnaningsih Koida, “Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Inquiriâ€, Jurnal Kreatif, Vol. 2, No. 2, h. 54
Novia Indriyani, “Peningkatan Kualitas Belajar IPA Melalui Model Circuit Learningâ€, Skripsi,Program Pascasarjana UNS Semarang,2015.
Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, Jakarta:Bumi Akasara, 2013.
Slameto, Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Ujeng Sarjan N, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga IPAâ€, Jurnal Kreatif, Vol . 4, No. 6, h. 22
Yahya, Dwi Septiani dan Imran, “Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKN Melalui Media Klipingâ€, Dalam Jurnal Tadulako Online, Vol.1, No. 3.
Yonarlianto Tembang,â€Meningkatkan Hasil Belajar IPAâ€, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 3, no. 2