Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Jauharul Islamiyah
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i2.619Keywords:
Motivasi, Belajar, Media RealiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan Media Realia pada siswa kelas II madrasah ibtidaiyah jauharul Islamiyah tebat. Jenis penelitian adalah penelitian tindak kelas (PTK). Yang di analisis dengan menggunakan statistik deskriptip yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Media Realia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 14 orang siswa. Dalam penelitian ini meliputi setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan perencanaan ulang. untuk pengumpulan data nya berupa lembar observasi.presentasi motivasi belajar siswa peningkatan presentase motivasi belajar siswa yang di mulai dari Pra siklus 47,49%, Siklus I pertemuan I meningkat menjadi 56,02 % siklus I pertemuan II meningkat 71,74 % dan siklus II pertemuan I 88,72 %.
Downloads
References
Amna Emda, “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran, “Dalam Lantanida, Vol. 5, no. 2.
A Parnawi, “Penelitian Tindakan kelas”, (Cv Pustaka Media Guru,2021).
Depdiknas “Rambu-Rambu Penetapan Ketuntasan Belajar Minimum Dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar”, (Jakarta: 2004).
Dinalis et al, “Analisis Penggunaan Media Realia Melalui Pembelajaran Online Di sekolah dasar”, 2021, Vol. 5, no.2.
Dr. Jalaludin, Penelitian Tindakan kelas.
Endang titik Lestari, “Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa sekolah dasar, (Yogyakarta: sleman,2020), Cet. 1.
Fadhilah Suralaga, Psikologi Pendidikan Implikasi dalam Pembelajaran, (Depok: Rajawali Pers, 2021).
Farid Ilham,yulianti Reka,Hidayat Soleh,Dewi Sari Ratna, “ Perkembangan Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa,”: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 2 No.
Habibah nasution, “upaya meningkatkan kemampuan kerjasama melalui penerapan model kooperatif pada anak di ra islamiyah tanjung marawa”(universitas muhammadiyah : medan).
Hamzah B. Uno, Teori motivasi dan pengukurannya: Motivasi belajar (Jakarta: PT Bumi Aksara), cet. 10, h.
Idzhar, Ahmad. 2016. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office. Vol 2 (2).
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Jakarta:Gaung Persada Press,2008),cet.1.
Kementrian Agama RI. Alquran dan Terjemahannya.
Jakarta:, 2014.
M.Pd.I. Dr. Jalaludin, Penelitian Tindakan Kelas (CV Pustaka MediaGuru). A Parnawi, Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action researct) ( Deepublish),
M.Pd.I. Dr. Jalaludin, Penelitian Tindakan Kelas (CV Pustaka MediaGuru).
Masnunah, “ Analisis Penggunaan Media Realia Melalui Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar”, Vol. 5, no. 2.
Nola Sanda Rekysika, “Upaya meningkatkan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Di Kelompok A TK Negri Truka Siwates Kalingitung Temon Kulomproge”, (Yogyakarta: 2015).
Novita, PTK Tidak, Paezaluddin dan Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas. (Bandung: Alfabeta, 2014).
Paezaluddin dan Ermalinda, “Penelitian Tindakan Kelas”. (Bandung: Alfabet,2014).
Pardomuan Nyoman Gusti, s.Pd., M.Pd. dan Ristua Yohanna, S.I.Kom., M.Psi.: Media Pembelajaran Tepat Guna 2023: Media Realia (Surabaya: Media Nusantara).
Ruhlam Ahmadi, Metodologi Penelitian Kualitatif: Teknik Observasi (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2016), cet.3,
S.Pd.SD Manto, Media Benda Konkrit Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Di Sd (Yogyakarta: Sleman, 2022),cet.2.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta).
Taqwa Nur Ibad dan Maisyatus sarifah, “Penggunaan Media Realia Dalam meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 04, No.
Uno, Teori Motivasi, Dinalis et al, “ Analisis Penggunaan Media Realia Melalui Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar”, Vol. 5, no. 2.
UU Republik indonesia No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003, Nomor 4301).
Zainal Aqib, et al, “Penelitian Tindakan Kelas”, (Bandung: 2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.