Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI Sekolah Dasar Negri 100/II Muara Bungo

Authors

  • Friska Miranda Gustantri Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Novi Riani Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ani Pajrini Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i2.1093

Keywords:

Motivasi Belajar, Strategi SQ3R, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) di kelas VI SDN 100/II Muara Bungo. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh kurangnya perhatian, partisipasi aktif, dan antusiasme dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket motivasi belajar yang disesuaikan dengan delapan indikator motivasi belajar menurut teori Sardiman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada pra-siklus nilai rata-ratanya yaitu 29,8%, Rata-rata pada Siklus I Pertemuan 1 yaitu 32,9%, pada Siklus I Pertemuan 2 yaitu 45,4%, pada Siklus I Pertemuan 3 yaitu 51,6%, pada Siklus II Pertemuan 1 yaitu 60%, pada Siklus II Pertemuan 2 yaitu 69,9%, pada Siklus II Pertemuan 3 yaitu 81,6%, Strategi SQ3R terbukti efektif karena melibatkan siswa secara aktif dalam membaca, membuat pertanyaan, dan merefleksikan isi bacaan, sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu, keberanian bertanya, serta ketekunan dalam menyelesaikan tugas. Dengan demikian, penerapan strategi SQ3R dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Tabrani Rusyan, dkk., Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Remadja Karya CV, 2003.

Anisa Azhar Riyadi, “Penerapan Strategi SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD”, dalam jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. IV, No. 1, 2019.

Aunurrahman, Belajar Dan Pembelajaran, Alfabeta, 2009.

Dewi, “Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pemahaman Siswa Kelas V SD”, dalam Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. VI, No. 3, 2021.

Eko Widiyanto, “Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar,” Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. IV, No. 1, 2015.

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi di Bidang Pendidikan, Bumi Aksara 2008.

Husain Usman dan Purnomo Setya Diabad, metode penelitian sosial, bumi aksara, 1996.

Imam Barnadib, Dasar – Dasar pendidikan perbandingan Institut Press, IKIP Yogyakarta, 2010.

Jasa Unggah Meliawan. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Gava Media, 2010.

Masnur, dkk. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Malang:Jemmars,2004.

Masnur, dkk., Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, 44.

Miftahu Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Muktar, metode praktis penelitian dekriptif kualitatif , Jakarta: referensi, 2013.

Ngalim Purwanto, Psokologi Pendidikan , PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017.

Nuriadi, “Penerapan Strategi SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD”, dalam jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. IV, No. 1, 2019.

Ratna Mega Sari, Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 2 Tarahan Lampung Selatan , Metro, Institut Agama Islam Negri Metro, 2023.

Safrini Rauda, Pengaruh Model SQ3R (Survey, Questin, Read, Recite, Review) Terhadap Kemampuan Memahami Isi Teks Bacaan Di Kelas V SDN Terutung Seperai, Banda Aceh, Universitas Islam Negri AR-RANIRY, 2022.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2016), cet.23.

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h.2

Suandi, “Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Dalan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negri 05 Landau Tubun”, Dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. I, No. 3,2023.

Suharsimin Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suparlan, “Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar”, STIT Palapa Nusantara Lombok NTB, Vol. IV, No.2, 2020.

Winarsih, “Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa” dalam Indonesian Journal of Intellectual Publication, IJI Publication , Vol. 1, No. 3, 2009.

Downloads

Published

2025-09-03

How to Cite

Gustantri, F. M., Riani, N., & Pajrini, A. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI Sekolah Dasar Negri 100/II Muara Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 98–107. https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i2.1093

Most read articles by the same author(s)