Penggunaan Model the Power of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 144 Pasir Putih Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo

Authors

  • Yolanda Suelmi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ani Pajrini Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i1.593

Keywords:

Model, The Power of Two, Hasil Belajar, Tema

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas IV pembelajaran tema cita-citaku materi pelestarian tumbuhan dan daur hidupnya dengan menggunakan model pembelajaran the power of two di Sekolah Dasar 144/II Pasir Putih 2021. Model penelitian yang digunakan adalah desain model dari kemmis and taggart penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV  yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik test digunakan untuk mengetahui perkembangan pengetahuan siswa, sedangkan teknik wawancara sebelum dan sesudah penelitian untuk mengetahui tanggapan siswa, dan teknik dokumentasi sebagai sumber data berupa foto yang digunakan untuk memperkuat data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran the power of two pada pembelajaran tema cita-citaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 144/II Pasir Putih. Rata-rata hasil pada hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 62,57 dalam kategori kurang. Pada siklus I sebesar 69,05 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 84,21 dalam kategori baik. dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar siswa sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono, cooperative learning, Yogyakarta, agustus 2005

Anggit Bagus Nugroho.“meningkatkan hasil belajar ipa melalui metode pembelajaran discovery terbimbing pada siswa kelas v SDN Condogcatur Yogyakarta” Skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar jurusan pendidikan pra sekolah dan sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan universitas negeri Yogyakarta juni 2013

Mona Novita, PTK tidak horror Surabaya: CV Pustaka Media Guru. 2018

Ninik sri widayati, “29 model-model pembelajaran inovatif”

Surabaya: CV. Garuda Inovatif, 2012

Punaji setyosari, “menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas,dalam jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran”, vol.1, no. 1, oktober 2014

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2016

Tri Yuliansa Bintaro, “penerapan pembelajaran the power of two untuk meningkatkan minat pada mata pelajaran matematika”, dalam jurnal sains sosial dan humaniora, vol. 2, no. 1, maret 2018

Sulaiman,“pengembangan kurikulum 2013 dalam paradigma pembelajaran kontemporer”, dalam jurnal ISLAMADINA, vol. xiv, no. 1, maret 2015

Sutirjo dan sri istuti dalam Sungkono, “pengaruh model pembelajaran TPS berbantu media visual terhdap hasil belajar ips kelas IV SD,” majalah ilmiah mimbar PGDS Univ pendidikan ganesha jurusan PGSD

Yoyok Soesatyo, “pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru ekonomi kabupaten Sidoarjo,” dalam jurnal pemberdayaan masyarakat madani, vol. 1, no. 2

Zainal Arifin. “Evaluasi Pembelajaran” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Suelmi, Y., & Pajrini, A. (2023). Penggunaan Model the Power of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 144 Pasir Putih Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i1.593