Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Batang Napier Kelas III Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani

Authors

  • Yulia Tri Mawati Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • M. Muzakki Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ani Pajrini Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.357

Keywords:

Batang Napier, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN 90/II Talang Pantai. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran Matematika. Hal itu dikarenakan dalam proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian Stephen Kemmis and Robin Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 90/II Talang Pantai yang berjumlah 35 siswa.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan wawancara. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif. Hasil pengamatan pembelajaran dengan menggunakan Media Batang Napier pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 68 dengan tingkat keberhasilan 46% atau 16 siswa yang tuntas. Hasil penelitian siklus II menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar 74,37 dengan tingkat keberhasilan 77% atau 27 siswa yang tuntas.  Berdasarkan hipotesis tindakan yang dilakukan maka Penggunaan Media Batang Napier dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa Kelas III pada mata pelajaran Matematika di SDN 90/II Talang Pantai, terbukti dapat diterima kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adena Putri Hendrayanti, Husni Thoyyar, Fadillah Aisah Aminy. “Penggunaan Alat Peraga Batang Napier untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Kelas III Al-Fadililiyah Darussalam Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Operasi Perkalian Bilangan Bulat” dalam ejornal Studi Pendidikan Islam, vol: XIV, no.1.
Aisyah Nyimas, dkk. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Depdiknas, 2007.
Afriyanti Arifin. “Dengan Batang Napier Perkalian Menjadi Mudah.” http://www.kompasiana.com/
Anwar Dessy. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abditama, 2001.
Asianto A. Proses Evaluasi Pembelajaran. Bekasi: Mata Pedang Ilmu, 2017.
Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014, cet.17.
Badan Standar Nasional Pendidikan. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Jakarta : BSNP, 2006.
Benidiktus & Jeinne. Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Belajar Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Budiyono. “Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Media Peraga Tulang Napier (Tabel Napier) Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian di Kelas V MI Gisikdrono Semarang Semester I Tahun 2014/2015” (Skripsi, FITK Universitas Islam Negeri Semarang, 2015).
Dirman dan Cicih Juarsih. Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik: Dalam Rangka Mengimplementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Jakarta: PT.Rineka Cipta. 2014.
Hendriana Heris dan Afrilianto. Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama, 2017.
Malalina. “Pemanfaatan Batang Napier Untuk Menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian.” dalam ejornal.upbatam, Vol. 01 No. 02, Mei 2019.
Mesy Eka Saputri. “Pengaruh Media Batang Napier Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SDN 53 Talang Alai Kabupaten Seluma ” (Skripsi, FITG Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2019).
Mona Novita. PTK Tidak Horor. Surabaya: Pustaka Media Guru, 2018.
Muhammad Uli. “Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam Beserta Hadistnya” http://www.bagi-in.com/kewajiban-menuntut-ilmu/
Muhammad Anugrah. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: LeutikaPrio, 2019
Peraturan Menteri Pendidkan Nasional No.22 Tahun 2006. Standar Isi Satuan Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2006.
Purwanto Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Rulam Ahmadi. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
Rudi Susilana dan Cepi Riyana. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima, 2009
S. Nasution. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2013, cet.16
Siti Aminatun. “Pemanfaatan Monograf dan Batang Napier sebagai Media Pembelajaran Berhitung Matematika Dasar.” dalam Jurnal Pendidikan Inovatif, vol.3, no.2.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta, 2013.
Sudjana Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdaya, 2004.
Sufri Mashuri. Media Pembelajaran Matematika. Sleman: Budi Utama, 2019
Suparno Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta : Kanisius, 2001.
Susmini Indriani. Menguasai Keterampilan Mengajar. Jakarta: PT. Juara Asia Utama, 2017
Susilana Rudi. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima, 2009.
Thobroni. Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015
UU Republik Indonesi No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003, Nomor 4301
Yekti Fajar Hutami. “Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Pangeran Diponegoro Wonosobo Tahun 2012” (Skripsi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 2012)
Zainal Aqib. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Az-Ruzz Media, 2017

Downloads

Published

2022-03-06

How to Cite

Mawati, Y. T., Muzakki, M., & Pajrini, A. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Batang Napier Kelas III Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kecamatan Bungo Dani. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 39–59. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i1.357

Most read articles by the same author(s)