Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar Negeri No. 196/II Taman Agung Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo
Keywords:
Model Pembelajaran Cooperative Integrated, Reading and Composition (Circ), Kemampuan Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Penerapan model pembelajaran Cooperative Reading dan Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri No. 196/II Taman Agung bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutupan. Pada kegiatan awal guru meminta siswa untuk siap belajar. Pada kegiatan inti, siswa diminta membaca bahan ajar sesuai arahan guru, kemudian mendiskusikan ide pokok bacaan, menuliskan hasil diskusi di atas kertas, dan mempresentasikan hasil diskusi. Pada kegiatan akhir, guru menyimpulkan bahan ajar bersama siswa. Berdasarkan penerapan model pembelajaran Cooperative Reading dan Composition (CIRC), beberapa siswa yang tidak lancar membaca menjadi cukup lancar membaca, siswa menjadi lebih percaya diri dan menjawab pertanyaan dengan cepat, siswa dapat bekerja sama dalam kelompok, dan hasil belajar siswa meningkat. Penerapan model pembelajaran Cooperative Reading dan Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 39,28%, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa atau ketuntasan sudah mencapai 53, 71%. Setelah dilakukan tindakan korektif yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 22 siswa atau ketuntasan siswa sudah mencapai 78,57%. Artinya 75% hasil belajar siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading dan Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD NegeriNo.196/II Taman Agung.
Downloads
References
Jerry H. Makawimbang, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta,
Martinis Yamin dan Maisah, Orientasi Baru Ilmu Pendidikan.Jakarta : Referensi, 2012.
Departemen Agama RI, Alquran dan terjemahannya.Jakarta: CV. Asy Syifa, 2007.
Fatimah , “Kajian tentang ayat-ayat pendidikan. â€https://fatimah1.wordpress.com. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2018.
Hestunodya, “Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia.†https://hestundoya.blogspot.com. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2018.
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajara: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.
Andi Halimah, “Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca dan menulis di SD/MI,†dalam Auladuna, vol. I, no. 1.
Wikipedia, “Bahasa Indonesia.†http://id.m.wikipedia.org/wiki/BahasaIndonesia. Diakses pada tanggal 29Agustus 2018.
Sugihastuti, Rona Bahasa dan Sastra Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Yusi Rosdiana, Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.
Solcan T.W, et.al., Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka,2011.
Ahmad Susanto, Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup, 2013.
Jamil Suprahatiningrum, Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Az-ruzz Media, 2016.
Benidiktus Tanujaya dan Jeinne Mumu, Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Belajar Mengajar dan Meneliti. Jakarta: Media Akademi, 2015
2011.