Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nailul Ikhsan Sungai Arang Kabupaten Bungo
Keywords:
Synthetic Analytical Structures (SAS), Keterampilan MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan metode struktural analitik sintetik pada materi pengenalan diri dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Islam Swasta Nailul Ikhsan Sungai Arang. serta untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca siswa setelah menggunakan metode struktural analitik sintetik di Madrasah Ibtidaiyah Nailul Ikhsan Sungai Arang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklusnya ada dua kali pertemuan. nilai yang diperoleh siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Nailul Ikhsan Sungai Arang hanya 40% siswa yang mencapai KKM yang ditentukan dari sekolah yaitu 65 atau lebih dari 65, pada siklus 2 nilai rata-rata kelas 69,5 lebih besar dibandingkan siklus 1 yang hanya 62,5 hal ini terlihat dari hasil setiap siswa yang mengalami ketuntasan sesuai dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 65.
Downloads
References
Depdiknas. 2006:81,Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk sekolah dasar /MI. Jakarta: terbitan Depdiknas.
Dwi Susanti. “ MeningkatkanKemampuan Membaca Siswa melalui Media Puzzle Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN 136 Sumber Harapan†( Skripsi, Program Strata Satu S1 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yasni Bungo, 2017)
Farida Rahmi, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Jakarta: PT Bumi Aksar, 2008), cet. 2.
Husnul Khotimah. “ Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktual Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I SDN No. 38/II Pauh Agung Kabupaten Bungo†( Skripsi, Program Strata Satu S1 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yasni Bungo, 2018).
Imas Kurniasih dan Berlin Sani, Ragam Pengembangan: Model Pembelajaran ( Yogyakarta, 2007).
Jumadi, “ Penggunaan Media Gambar Pada Materi Mengenal Huruf dalam Melatih Kemampuan Membaca Siswa†( Skripsi Program Sarjana S1 STAI YASNI Muara Bungo, 2017).
Kementrian Agama RI. Alquraan dan terjemahannya al- Jumanatul ‘Ali Jakarta: PT Senergi Pustaka Indonesia, 2012.
Lisnawati dan Muthmainah “ Ektivitas Metode SAS (Strukural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar ( Slow Learner),†vol. 6, no.1, h. 85
Mariana, Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktural Analisis Sintesis Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sd.†http://jurnal.untan.ac.id.
Mona Novita, PTK Tidak Horor (Surabaya: Pustaka Media Guru, 2018) , cet. 1.
Nilmia Riska, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Menggunakan Model Picture and picture pada kelas I†( Skripsi Program Sarjana S1 STAI YASNI Muara Bungo, 2018).
Ruhlam Ahmadi, Metodologi Penelitian Kualitatif: Teknik Observasi (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016), cet.3.
Ummul Khair. “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) Jurnal pendidikan dasar Vol. 2, no. 1.
Yadi Heryadi. “Penggunaan Pendekatan Learning by Doing untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringanâ€, (Tesis, Program StudiPascasarjana Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2014)