Penggunaan Media Tangram untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • Linda Ayu Pertiwi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Meisy Andriani Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Novia Indah Ramadhani Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Tania Indah Sari Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i1.602

Keywords:

Tangram, Pembelajaran Matematika, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan tangram sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV dalam pelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan informasi dari guru matematika, Ibu Desi Ariani S.P., yang telah merancang serta melaksanakan pembelajaran menggunakan tangram.Langkah-langkah perencanaan pembelajaran matematika dengan tangram melibatkan penetapan tujuan pembelajaran yang spesifik, persiapan materi yang mencakup pengenalan tangram dan konsep-konsep geometri, serta pemilihan media dan peralatan yang mendukung partisipasi aktif siswa. Implementasi penggunaan tangram dalam pembelajaran mencakup tahap eksplorasi bebas, aktivitas terstruktur untuk membentuk pola, dan pemberian teka-teki tangram untuk memecahkan masalah. Penelitian ini adalah sebuah studi lapangan yang mengadopsi pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi penerapan media tangram dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Pendekatan kualitatif ini berfokus pada fenomena alami yang tidak dapat direplikasi di dalam laboratorium, melainkan dilakukan di lapangan, sejalan dengan pendekatan naturalistik atau naturalistic inquiry. Metode pengumpulan data mencakup observasi untuk mengamati penggunaan tangram langsung dalam konteks pembelajaran matematika serta kondisi dan proses belajar mengajar di lapangan. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi mendalam dari narasumber terkait, sementara dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai sekolah, guru, siswa, dan fasilitas yang tersedia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis melalui integrasi tangram dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa, terlihat dari peningkatan keterampilan mereka dalam memecahkan masalah matematika dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok. Implikasi dari penelitian ini adalah 2 bahwa penggunaan tangram dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, mendukung pemahaman konsep matematika yang lebih mendalam, serta mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana Oktaviani, et.al. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Tangram Siswa Kelas Iv Sds Swadhipa Tahun Pelajaran 2021/2022.” Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1, No. 2.

Dewi Aprilliani, et.al. “Upaya Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran TSTS Berbantuan Media Tangram.” Dalam Jurnal Educational Research And Review, Vol. 2, No. 1.

Dwi Fitriyani. ”Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Tangram Pada Materi Sifat Bangun Datar” (skripsi S1, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019).

Kamarullah. “Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita.” Dalam Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, Vol. 1, No.1.

Linda Zakiyah Dan Ika Lestari. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi, 2019.

Maria naimnule, et.al. “Penggunaan Media Tangram Pada Pembelajaran Matematika Di SDK Yaswari Niki-niki III.” Dalam Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 6, No.3.

Ratna Hidayah, et.al. “Critical Thingking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian.” Dalam jurnal Taman Cendekia, Vol. 01, No. 02.

Rostina, Statistika Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta, 2014.

Satjun Siregar. “Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua.” Dalam Jurnal PJME, Vol. 9, No. 1.

Siti Ruqoyyah, et.al. Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Jawa Tengah: CV.Tre Alea Jacta Pedagogie, 2020.

Sopan Adrianto, Mengapa Media Pembelajaran Itu Penting. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2022.

Sujarwo, et.al. Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Sumenda, Pengantar Filsafat Matematika. Surakarta: UNS Press, 2010.

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Ayu Pertiwi, L., Andriani, M., Ramadhani, N. I., & Sari, T. I. (2023). Penggunaan Media Tangram untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 56–73. https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i1.602