Pengaruh Pengembangan Sumber Belajar Terhadap Gaya Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 3 Tebo

Authors

  • Linda Ayu Pertiwi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Gadis Sundari Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Putri Rahayu Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Putriwasi Handayani Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.594

Keywords:

Sumber belajar, gaya belajar, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan data tentang pengaruh pengembangan sumber belajar terhadap gaya belajar peserta didik, tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini diantara lain untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan sumber belajar terhadap gaya belajar peserta didik penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif atau naturalistik dengan jenis metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada sekolah MIN 3 TEBO, sekolah ini menggunakan 2 kurikulum yaitu kurikulum 13 dan kurikulum merdeka. Dari hasil penelitian ini guru mampu mengembangkan sumber belajar sesuai dengan gaya belajar peserta didik, dengan menggunakan sumber belajar berupa alat peraga dan lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Cahyadi, Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur (Serang : Penerbit Laksita Indonesia, 2019), cet. 1

Bire, dkk. 2014. “ Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar SIswa”, Jurnal Kependidikan, vol.44, November

Creswell, Jhon W, Terjemahan Achmad Fawaid, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017).

Cucu Sutianah, Perkembangan Peserta Didik (Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2021), cet. 1.

Endah Kusumaningrum, Menulis Kreatif Dongeng Sesuai Gaya Belajar Anak,(Yogyakarta:Jejak Pustaka,2021).

Evi Agustina Silitonga dan Ina Magdalena, “Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang,” dalam Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1

Faizah M. Nur, “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan,” dalam Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 13, no. 1.

Indarjani, dkk, Pengantar Ilmu Lingkungan (Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2020), cet. 1.

Juniati Heremba, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tumbuhan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar,” dalam Jurnal Papeda, vol. 1.

Luk Luk Nur Mufidah, “Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak,” dalam Jurnal Perempuan dan Anak, vol. 1, no. 2.

M. Indra Saputra, “Hakekat Pendidik dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6.

M. Ramli, “Hakikat Pendidikan dan Peserta Didik”, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, vol. 5, no. 1.

Masudah dan Fatah syukur NC, "Sumber Belajar dan Perpustakaan Sebagai Komponen Sistem Pembelajaran," dalam Didaktika Islamika, vol. 12, no. 2.

Nurfadilah, "Teori dan Konsep Peserta Didik Menurut Al-qur'an," dalam eduprof, vol. 1, no. 2.

Samsinar S, “Urgensi Learning Resource (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” dalam Jurnal Kependidikan, vol. 13, no. 2. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017).

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Ayu Pertiwi, L., Sundari, G., Rahayu, P., & Handayani, P. (2024). Pengaruh Pengembangan Sumber Belajar Terhadap Gaya Belajar Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 3 Tebo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.51311/el-madib.v4i1.594