Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bungo

Authors

  • Putri Rahayu Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Linda Ayu Pertiwi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Muhammad Nur Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.1092

Keywords:

Minat Belajar, Bahasa Indonesia, Snowball Throwing, Siswa Kelas II B

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bungo. Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya minat belajar siswa serta kurangnya rasa ingin tahu peserta didik akan materi pembelajaran. Hal ini,  dikarenakan penggunaan model ataupun metode pembelajaran pada saat proses pembelajaran yang kurang tepat. Selain itu, keterbatasan sarana dan prasarana juga menjadi kendala pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bungo yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum tindakan diperoleh rata-rata 39,35% dengan kategori sangat kurang. Lalu hasil setelah dilakukan tindakan dengan model  pembelajaran Snowball Throwing mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 54,75%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata 61,85%. Hasil penelitian siklus II  pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 71,31%. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II pertemuan 2 dengan memperoleh nilai rata-rata 82,33%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia Atika dan Novi andriati. Minat Belajar Anak Slow Learner (Jambi: PT. Soundpedia Publishing Indonesia, 2023), cet. 1.

As Sitorus. “Bab II Kajian Teori.” https://repository.uinsu.ac.id. Diakses pada tanggal 8 Agustus 2025.

Datadikdasmen, “Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 2 Implementasi Kurikulum Merdeka.” https://www.datadikdasmen.com.

Ester Reni Sawitri. Model Discovery Learning Berbantuan Komik Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2022).

Hamdan Ridwan. Arah Baru Ilmu Pendidikan (Jawa Barat: CV. Cendekia Press, 2024), cet. 1.

Hery Setiyawan. “Model Pembelajaran Snowball Throwing di Sekolah Dasar,” dalam Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, Vol.2, No. 3, 2023.

Kementerian Agama RI, Alquran (Jakarta:PT. Senerga Pustaka Indinesia, 2012), h. 18.

Mulyati dan Mona Novita. "Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Pata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo," dalam Nur El-Islam, Vol. 6, No. 1, 2019.

Nurlina Ariani Harahap. et al., Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022), cet. 1.

Safnia. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS 2 Semester Genap SMA N 1 Pinggir Tahun Pelajaran 2018/2019,” dalam Pendidikan Tambusai, Vol. 5, No. 1, 2021.

Suharsimi Arikunto. et al., Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015), cet. 1.

Downloads

Published

2025-03-09

How to Cite

Rahayu, P., Ayu Pertiwi, L., & Nur, M. (2025). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas II B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 1–22. https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.1092

Most read articles by the same author(s)