Pengembangan Sumber Belajar Berupa Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Authors

  • Linda Ayu Pertiwi Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Rita Hamdiatul Uzma Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Rostina Ardila Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Yayang Pramita Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.604

Keywords:

Sumber belajar, Video Animasi, Minat belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Jurnal ini membahas tentang pengembangan sumber belajar yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada tingkat Sekolah Dasar. Penelitian yang dilakukan menggunakan model ADDIE yaitu untuk mengevaluasi efektivitas sumber belajar yang dikembangkan melibatkan tahap perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sumber belajar yang dikembangkan dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep, dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sumber belajar yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Siswa menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, motivasi belajar yang lebih besar, serta hasil belajar yang lebih baik setelah menggunakan sumber belajar yang dikembangkan. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar, khususnya dalam mata pelajaran IPAS. Rekomendasi disarankan untuk memperluas penggunaan sumber belajar yang dikembangkan ini agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi siswa dan proses pembelajaran di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Iskandar, Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK, Yayasan Kita Menulis, 2020. Ani Cahyadi, Pengembangan Media serta Sumber Belajar (Serang: Laksita Indonesia, 2019), h. 7.

Arif Yudianto, Penerapan Video yang digunakan untuk Media Pembelajaran, Seminar Pendidikan Nasional, 2017, ISBN.978 – 602 – 5008 – 0 – 1.

Brown, K., & Miller, C. “Memanfaatkan Teknologi dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran yang Menarik untuk Pendidikan Sains Dasar,” Dalam Jurnal Internasional Pendidikan Sains, Vol.15, No.3.

Delina Andreani,” Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka,” Dalam Jurnal JPGSD, Vol. 11, No. 9.

Diana Maya Sari, Sahat Siagian, “Media Video Pembelajaran Pangkas Rambut Lanjutan Berbasis Komputer Program Studi Tata Rias Rambut,” Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 6 No. 1 April 2013.

Johnson, R., “Meningkatkan Motivasi Siswa dalam IPS Melalui Pendekatan Pembelajaran Inovatif,” Dalam Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol.8, No.1.

Komang Sukarini, Ida Bagus Surya Manuaba,”Video Animasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar,” Dalam Jurnal Edutech Undiksha, Vol.8, No.1.

Laily Rahmayanti, Farida istianah, “pengaruh penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se Gugus Sukodono Sidoarjo,” JPGSD, Vol. 06 No. 04.

Nadya dan Yulia Purnama Sari, Analisis Visual Penerapan 12 Prinsip Animasi Pada Film Grey and Jingga : The Twilight Animated Series Episode 1,Jurnal Titik Imaji, Vol. 2 No. 2.

Relis Agustien, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Bondowoso menggunakan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS,” Jurnal Edukasi, Vol. 1 Tahun 2018.

Smith, J., & Jones, A.”Dampak Sumber Belajar Interaktif Terhadap Minat Siswa pada Mata Pelajaran IPA,” Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.10, No.2.

Sri Nuryani Sugih,” Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar,” Dalam Jurnal Pendididikan Dasar, Vol. 4, No. 2.

Suhelayanti. Dkk, Pembelajaran IPAS, Langsa Aceh: Yayasan Kita Menulis, 2023.

Suryawan Bagus Handoko, “Konsep Pengembangan Sumber Belajar,” Dalam Jurnal Pendidikan Konseling, Vol. 4, No. 6, h. 11276.

Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Ayu Pertiwi, L., Uzma, R. H., Ardila, R., & Pramita, Y. (2023). Pengembangan Sumber Belajar Berupa Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 162–176. https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.604