Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Media Visual di Kelas III SDN 119 Rimbo Bujang Tahun 2020

Authors

  • Hesti Prasetiawati Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Feerlie Moonthana Indhra Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ibermarza Ibermarza Institut Agama Islam Yasni Bungo

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, SDN. 119/VIII Tirta Kencana

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model dalam penelitian ini adalah model kemmis and mc Tagard yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunaklan dua siklus, satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif, dimana teman sejahwat bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III SDN. 119/VIII Tirta Kencana Rimbo Bujang dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN. 119/VIII Tirta Kencana Rimbo Bujang melalui media buah kertas. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan wawancara serta dokumentasi, tes dilakukan setiap akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan presentasi siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media buah kertas dalam pembelajaran matematika dengan cara siswa mempraktekkan sendiri cara menghitung perkalian sesuai dengan jenisnya, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN. 119/VIII Tirta Kencana Ribo Bujang. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan presentase KKM siswa secara klasikal. Pada pra tindakan presentase KKM siswa secara klasikalyaitu 25%, pada siklus I presentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 50%, yang berarti terjadi peningkatan sebanyak 25%dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II presentase KKM siswa secara klasikal yaitu 80%yang berarti terjadi peningkatan 30% dari siklus I dimana presentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas III SDN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni Susila.model-model PTK.https://www.artmlab,woordpress.com
Anggasti Setyarni. “Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi IPA Materi Gaya Magnet di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Mujawwidin Desa Tirta kencana kecamatan Rimbo BujangKabupaten Tebo”, (Skripsi, Program Sarjana STAI YASNI Muara Bungo.2017)
Benidiktus Tanujaya dan Jane Mumu, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: mediaakademi.2016
Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif . Surabaya : Erlangga. 2013
Hasan Basri. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah.https://www.artmlab,woordpress.com
Igak Wardani. Penelitian Tindakan kelas, Jakarta: universitas terbuka.2010
Iskandar Agung, Tindakan kelas bagi guru, (Jakarta:Bestari Buana Murni,2012)
Kementerian Agama RI, Al Qur’an dan terjemahnya Jakarta: PT Senergi Pustaka Indonesia,2012
Kokom Komalasari. Pembelajaran Konstektual,Bandung: Replika Aditama:2015
Kunandar.Langkah mudah penelitian tindakan kelas:sebagai pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2016
Mohammad Asrori.Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:CV Wacana Prima.2017
Mona Novita.Penelitian Tindakan kelas.Media Guru.2018
Nina Sundari. “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar”(skripsi, Program Sarjana, 2017)
Ridwan.langkah-langkah-penggunaan-media-gambar.hefamandiri.blogspot.com
Rudi Susilana dan Cepi Riyana.Media Pembelajaran.Bandung:CV Wacana Prima.2017
Suharsini Arikunto. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik),cetakan ke 15. Jakarta:Rineka Cipta,2013
Suyono.Belajar dan Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.2017
Syaiful Bahri Djamarah.Strategi Belajar mengajar.Jakarta: Renika Cipta.2006
Warni Murti, “Penggunaan Media Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN Mertak Kesambik Desa BEBER Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2017”(skripsi, Program Sarjana UIN Mataram, 2017)
Yulita Puji Lestari. “pemanfaatan media Visual dalam pembelajaran matematika” (skripsi,prograp sarjana Universitas pamulang Indonesia,2017)

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Prasetiawati, H., Indhra, F. M., & Ibermarza, I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Media Visual di Kelas III SDN 119 Rimbo Bujang Tahun 2020. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 42–57. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/el-Madib/article/view/333