Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Alat Peraga Torso pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas V SD. 26/II Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i1.592Keywords:
Alat Peraga Batang Tubuh, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada tema udara bersih untuk kesehatan di kelas V SDN 26/II tanam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan alat peraga batang tubuh bertema udara bersih di kelas V SDN 26/II tanah tumbuh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan alat peraga batang tubuh dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 26/II tanam tanah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 26/II yang bertambah sebanyak 19 siswa. dimana terdapat 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dokumentasi. Setelah menerapkan alat peraga torso motivasi belajar siswa meningkat. Setelah data diperoleh dan dianalisis, dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa meningkat pada tema udara bersih untuk kesehatan sekolah dasar 26/II Tanah tumbuh sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: 1) Sebelum tindakan motivasi untuk belajar siswa kelas V SD Negeri 26/II pertumbuhan tanah masih rendah yaitu 2,8. 2) Setelah dilakukan tindakan pertama motivasi belajar siswa kelas V SDN 26/II tanah tumbuh dengan menggunakan alat peraga batang tubuh meningkat menjadi 3,6 dan 3) setelah tindakan berbicara pada siklus II motivasi belajar siswa kelas V SDN 26/II tanahnya bertambah menjadi 4,5.
Downloads
References
Amna Emda, “Keudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran” Lantanida Journal,vol.5.
Bambang Warsila,"Teknologi Pembbelajaran Landasan &Aplikasinya" (Jakarta: Rineka Cipta,2008).
Dian Fitri Nur Aini,Fattah Hanurawan, “ Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Anak Tenaga Kerja Indonesia (Skripsi, Program Sarjana UNM,2016).
Feri Irwan dkk, “Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Media Torso Pada Materi Sistem Pernafasan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pante Ceureumen Kec Pante Ceureumen Kab Aceh Barat.vol.VII.
Gm Wijaya,"Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran," http://www.repositoryunpas.ac.id.Diakses pada tanggal 06 juli 2020.
Hamzah B.Uno,Teori Motivasi & pengukurannya(Jakarta:PT.Bumi Aksara,2013),cet.15.
Kompri Motivasi Pembbelajaran Perspektiff Guru daan Siswa, (Bandung:Rosdakarya, 2015) .
Kusamah, Wijaya Dan Dwitagama, Dedi. 2009. “mengenal penelitian tindakan kelas ”http://artmlab.wordpress.comDiakses pada tanggal 19 Februari 2020
Martinis dan Bansu I.Anasari, Taktik Mengembangkan Kemampuan IndividuSiswa Jakarta: 2008.
Meria Siska, Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama pada Bidang Studi Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri No25/II Muara Bungo ( Skripsi, Program Sarjana STAI 2018).
Mona Novita, PTK Tidak Horor, (Surabaya: CV.Pustaka MediaGuru, 2018).
Muakhirin, "Peningkatan Hasil Belajar IPA MelaluiPendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD, " Jurnal Ilmiah Guru, vol I,no.01.
Muhammad Mahrus, “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri MAN Wonosobo” (Skripsi, Program Sarjana UIN Malang, 2015).
Oemar Hamalik,Kurikulum dan Pembelajaran ( Jakarta: Bumi Aksara,2010)
Oktavia Putri Rahmawati, Julianto, “Penggunaan Media Torso Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar” Jurnal PGSD, vol.II. h.03
Syahron Lubi,Metodologi Pendidikan (Padang : Sukabina Pres,2011),
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu (Jakarta:Bumi Aksara 2011).cet,9.
Wahyu Lupita Sari, "Peningkatan Pemahaman Materi Rangka Tubuh Dengan Menggunakan media Torso Pada Siswa Kelas IV di MINU Wedoro" (Skripsi, Program Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018).
Widayat Prihartanti, “Teori-Teori Motivasi,” Jurnal Adabiya.vol.1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.