Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation di Sekolah Dasar Negeri 30/VII Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Authors

  • Nisa Bina Graswiri Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Yanfaunnas Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Laili Rahmi Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.589

Keywords:

Model Group Investigation, Minat belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika Mata Pelajaran Gedung Volume 30/VIII Wirotho Agung 2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan terlaksananya proses pembelajaran. Dan dengan menggunakan model penelitian dari kemmis dan taggert penelitian ini dilakukan secara auto in twe eyeles. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II dimana teknik wawancara dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan setelah pembelajaran untuk mengetahui respon siswa dan teknik dokumentasi sebagai sumber data dalam pembelajaran. bentuk foto yang digunakan untuk memperkuat data penelitian hasil penelitian ini bagaimana penerapan pembelajaran investigasi kelompok odl pada mata leon matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN 30/VIII Wirotho Agung pengamatan rata-rata hasil minat belajar siswa pada pra siklus sebesar 30,6% pada kategori akhir pada tahap pertama. Siklus I sebesar 60,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II yang mana penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil yang dialami dan peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 81,1% pada kategori baik. Sehingga pada siklus awal ini mengalami peningkatan hasil minat belajar siswa sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar Jakarta: Prenada Media, 2004.

Akhmad Rusydi,dkk, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VI SD Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga Vokuba”, dalam Jurnal Pelangi vol. 8, no. 1.

Ani Widayati, “Penelitian Tindakan Kelas”, dalam Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. VI.

Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajran Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

Nilam Nurmalasari, “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Koloid di MAN Indrapuri” dalam urnal pendidikan vol.V.

Slamento, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), cet. 14.

EgaGradini, SeptiaWahyuni, danAnso, “EfektivitasPenerpanPembelajaranMatematika Qur’an DalamPembelajaranHimpunan,” StudiTadrisMatematika, STAIN Gajah PutihTakengon, 2017

Fenti Hikmawati, Metodologi Penelitian, Depok : Rajawali Pers. 2019.

Kementerian Agama RI, Alquran dan Terjemah, Bogor: Lembaga Percetakan Al-quran, 2012

Mona Novita, PTK Tidak Horor Surabaya: CV. Pustaka Media Guru, 2018.

Masnur Muslich, Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Mulyono Abdurrahman, AnakBerkesulitanBelajar: teori, diagnosis, danremediasinyaJakarta:

RenekaCipta, 2012

Noor KomariPratiwi,”Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, danMinatBelajarSiswaTerhadapPrestasiBelajarBahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tanggrang,”dalamJurnalujangga, vol. 1.

Nur Khalida Prettiana, “Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V SD N 1 Sedadu Bantul” (Skripsi, FIP Universitas Negeri Yogyakarta,1016).

Prasetyo Widyanto, “Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media flanelgraf untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA,” dalam Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, vol. 3.

Hamzah B. Uno, “Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar yang Kreatif dan Efektif” Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2011.

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Seputar Pengetahuan, “ Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli”. http://www.seputarpengetahuan.com. Diakses pada tanggal 16 januari 2021

Sri Winarna, “Pengaruh Media Bangun Ruang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Volum dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Klakah” (Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakata, 2009).

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajarjakarta: rineka cipta, 2015.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia Jakarta:; Pusat Bahasa, 2008.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Bina Graswiri, N., Yanfaunnas, & Rahmi, L. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation di Sekolah Dasar Negeri 30/VII Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 91–117. https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.589