Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Pada Siswa Kelas V Melalui Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i2.1107Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengaatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 91/VI rantau Panjang, dengan jumlah 19 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa, dan pada siklus kedua peningkatan tersebut semakin signifikan. Peningkatan ini berupa peningkatan hasil belajar kognitif, pada pra penelitian dengan jumlah nilai 42,10%, siklus I 55,26% pada siklus ke II naik menjadi 78,94%. Selanjunya dari aspek afektif dari pra siklus nilai rata – rata yang di peroleh yaitu 51,84%, pada siklus I mendapatkan nilai sebesar 61,57%, lalu naik menjadi 78,29%. Terakhir pada aspek psikomotorik dari pra siklus 51,97%, pada saat siklus I nilai yang di dapatkan adalah 60,60% pada siklus ke II naik menjadi 80,26%, semua aspek tersebut dikatakan sudah mencapai ketuntasan. Dengan demikian, model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V.
Downloads
References
Ade Hendrayani. “Peningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Readig Corner.” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. V, no. 2,
Adi Santoso. Pengantar Dokumentasi dan Manajemen Informasi. Jakarta: Erlangga, 2020.
Akhirudin. et, al. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang, 2019
Amalia Fitri Ghaniem, dkk, Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan alam dsan Sosial . Jakarta Selatan: Pusat Perbukuzn BAdan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaaan, dan Teknologi, 2021
Anggraini Fitrianingtyas.” Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gdanganak 02.” e-jurnal mitra pendidikan, vol. I, no. 06.
Apri. et. al. Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Media Mexima, 2018.
Asrani Aseggaf dan Uep Tatang. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. I, no. 01.
Ayuning, Dibia. Widiana. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI.” e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, vol. IV, no. 01
Delina Andreani.”Presepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka.” dalam JPGSD, vol. XI, no. 9,.
Djam’an Satori dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, 2012.
Elsinora, Mahananingtyas. “Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD.” Jurnal Proseding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah, vol. IV, no. 02.
Hadi Prasetyo. Dasar-Dasar Dokumentasi dan Arsip Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020.
Hendra. dkk. “Pegaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. vol. XVII, no.
Ima Maryani, Karya Ilmiah. serang: UPI,2020.
Inanna, et, al., Evaluasi Pembelajaran Teori dan Praktek ( Bandung: TAhta Media Grub, 2021), h. 39
Indah Mei Diastuti. Metode PBL Melalui Media Marquee Berbasis Host. Lamongan: CV.Pustaka Djati, 2021.
Irwan Soulisa. Et. al. Evalusi Pembelajaran. Bandung: WIDINA, 2022.
Jalaludin. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi : CV pustaka Media Guru. 2021
Kaelan. Pendidikan Pancasila. Jakarta: Paradigma, 2013.
Kemendikbudristek, Pendidikan Pancasila SD/MI. Edisi 1. Jakarta:Pusat perbukuan, 2023.
Kementrian Agama RI, Alqur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2020.
Kementrian Agama RI. alqur’an dan Terjemahnya. Semarang: Asy-Shifa,2010
Kementrian Pendidikan, kebudayaan, Riset. dan Teknologi Republik Indonesian, Capaian Pembelajaran mata pelajaran IPAS. Jakarta: Pusat Perbukuan, 2022.
Khanifatul. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengolah Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta:Ar-RuzzMedia,2014.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks, 2011.
Lorenzo. dkk. “Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android.” E-jurnal Teknik Informatika vol. IX, no. 01.
Lubis, Maulana Arafat dan Nashran Azizah, Pembelajaran Tematik SD/MI (Jakarta: Kencana, 2020.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Rosdakarya, Bandung, 2018.
Mashuri, D. K., & Budiyono. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11, 2020.
Mentri Pendidikan. Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No. 21 tahun 2022, Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaran Negara RI tahun 2022 nomor 21.
Misbahul Jannah. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA”, Jurnal ar-raniry: 2, 2, 2015.
Moh, Roqib. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS, 2019.
Muhammad Afandi. Evaluasi Pembelajaran sekolah dasar. semarang: UNISSULA Press,2019
Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi, 2013.
Nasrah, et,al., Pembelajaran IPA Untukl PGSD/PGMI (Yogyakarta: Nuita Media,2021), h. 8.
Ngalimun, Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Dua Satria Offet, 2017.
Niko Reski, Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP N 11 Kota Sungai Penuh, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 11 April 2021.
Novita, Mona. PTK Tidak Horor. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru,2018.
Novita, Roro Kurnia. Minat Belajar: Konsep Dasar, Indikator dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2024.
Nur, Fitriani dan Masita. Pengembangan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Nas Media Pustaka, 2022.
Nurhana, Rizki. Rahmat Winata, Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol. 4, No. 1, Maret 2019, h. 7
Nurhasanah, Siti dan A. Sobandi, “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes),” Jawa Barat Volume. 1, no. 1 (Agustus 2016): 130.
Nurul Azizah, Berfikir Kritis Dan Problem Based Learning. Surabaya: Media Sahabat Cendikia 2019.
Priansa, Donni Juni. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta, 2014.
Puji Rahayu, dkk, “Eksperimentasi Model Problem Based Learing dan Discovery Learning pada perbandingan skala ditinjau dari sikap peserta terhadap matematika didik kelas VII SMP Kab.Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”, Vol.3 No.3, Mei 2015, 244.
Puji Winarti. et. al. Evaluasi Pembelajaran. Deli Serdang: Graha Mitra Edukasi, 2023.
Putri Lestari dan Adeng Hudaya. “Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta.” Jurnal Research and Development Journal Of Education vol. V, no. 01.
Retnaning Tyas. “Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Technoscienza. vol. II. no.01
Roni Hariyanto Bhiju. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi. Malang: CV. Multimedia Edukasi, 2020Rustiyarso dan Tri Wijaya, 62.
Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS, 2019.
Rustiyarso dan Tri Wijaya. Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah, 2020
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajarn. Bandung : Alfabeta, 2013.
Salim dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing,2019.
Setyo, Arie Anang. dkk. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makasar: Yayasan Barcode. 2020.
Siswantian, Arnita Budi. Problem Based Learning. Yogyakarta: ANDI, 2023.
Siti Maesaroh. ”Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan. Vol. 01, No. 01, (November 2013.
Solihatin, Etin. Cooperative Learning. Jakarta, Bumi Aksara, 2009.
Suardi Wekke. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: CV. Adi Karya Mandiri, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Badndung: ALFABETA, 2019.
Suharsimi Arikunto dkk. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Suhelayanti, et,al.,Pembelajaran ilmu Pengetahuan alam dan Sosial. Langsa:Yayasan Kita Menulis, 2023.
Sulihin Sjukur. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Ringkat SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. II, no. 3.
Susanti, Konsep Dasar IPS. Medan: Widya Puspita, 2018.
Syafril dan Zelhendri Zen. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana, 2017.
Syamsidah dan Hamidah Suryani. Buku Model Problem Based Learning. Yogyakarta: Depublish,2018.
Syarifah, Model Problem Based Learning dan Pembentukan Kelompok Sosial. Bekasi: Mikro Media Teknologi, 2022.
Tanujaya, Benidiktus dan Jeinne Mumu, Penelitian Tindakan Kelas Panduan Belajar, Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inivatif. Jakarta: Pretasi Pustaka 2007.
Valiant Lukad Perdana. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Vokasi. vol. VI, no. 01.
Widiasworo, Erwin. Strategi dan Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Learning): Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Wijaya Kusumah dan Dedi dwitagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks, 2020.
Winarti dan Edi Istiyono. taksonomi Higher Order thinkingSkill (Semarang: Wdya Sari Press Salatiga, 2019.
Yuni. et, al. “Penerapan PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Papan Catur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. vol. IV, no. 01.
Yusinta dwi Ariyani. Panduan Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. bandung: CV Median SAINS Indonesia. 2023.Johar, Rahmah. Modul Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, 2006.
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





