Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Team Games Turnament

Authors

  • Robi’ah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sugeng Kurniawan Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.609

Keywords:

Berpikir Kritis, Model Team Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran team games tournament pada tema praja muda karana kelas III Sekolah Dasar Negeri Nomor 145/II Tanjung Menanti Kecamatan Bathin II Babeko  Kabupaten Bungo, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model kemmis dan taggart, dengan prosedur penelitian terdiri dari II siklus dengan 4 x pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan, masih ada beberapa siswa yang tidak mau bertanya, sebagian besar siswa tidak bisa menjawab pertanyaan guru, sebagian besar siswa belum bisa menyimpulkan pelajaran, tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran aku anggota pramuka masih rendah. Hasil pengamatan pembelajaran dengan menerapkan model Team Games Tournament dari pra siklus yaitu 49,40 % dengan kategori sangat kurang, meningkat pada siklus I menjadi 70,4% kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,10% kategori baik, dan penelitian ini dikatakan berhasil, karena kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Saebani, Bani. Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta: Gaung Persada 2014.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya 2015.

Faizaludin dan Ermalinda dan Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas (Bandung: Alfabeta, 2016).

Hamza B. Uno, Guru dan Peserta Didik dalam Interaksi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta: 2013.

Hendra Surya. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Gramedia, 2018.

http://nurholis-homeedukasi.blogspot.co.id/2013/04/kelebihan-dan-kekurangan-tgt.htm, diakses tanggal 17 Februari 2023.

Ibrahim, M; Fida Rachmadiarti; Mohammad Nur; Ismono, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Unesa University Press: 2020.

Jalaludin, Penelitian Tindakan Kelas Surabaya: 2021. Laxy.J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remja Rosdakarya, 2007.

Jurnal Pendidikan, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPAS. kelas V SD No. 5 Tamblang, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Kementrian Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahannya, Jakarta: Kemenag RI, 2013.

Kartono, Metodologi Penelitian dan Aplikasinya Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2017.

La Ode Safiun Arihi. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Bantul: Multi Presnindo, 2017. Hamdani,.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Maftukhin, Keefektifan model pembelajaran CPS berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis materi pokok geometri kelas X. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2015).

Nuraeni, Eni. Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SD (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia | respository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu, 2020).

Nurbaiti. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Konsep Gamifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kelas VII MTs Al Islah Bandar Lampung ( Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 2021).

Paizaluddin dan Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research Bandung: Alfabeta, 2016.

Prito Windiarto, Pembelajaran Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2017.

Ramayulis, Psikologi Agama Jakarta: Kalam Mulia, 2013.

Sanafiah faisal, Metode Penelitian Jakarta: Rosda karya, 2010.

Sihotang, Kasdin. Berpikir Kritis, Kecakapan Hidup Di Era Digital, Jakarta: Rajawali Press, 2017.

Suwarma, Dina Mayadiana. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya, 2020.

Syaiful Sagala. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Intan Pariwara, 2016.

Taniredja, dkk. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta. 2017.

Taniredja, dkk. Model-model Pembelajaran Inovatif.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. 2014.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya.

Yusra, Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Jambi: Unja Press, 2010.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Robi’ah, Kurniawan, S., & Wiseza, F. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Team Games Turnament. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 177–195. https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i2.609

Most read articles by the same author(s)