Penerapan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo

Authors

  • Fitria Sari Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Fitria Carli Wiseza Institut Agama Islam Yasni Bungo

Keywords:

Model talking stick, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam bentuk aktivitas dan hasil belajar  siswa yang  masih  rendah dalam  proses  pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 25/II Muara Bungo. Pemecahan  masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 25/II Muara Bungo adalah dengan penerapan  model talking stick. Setelah diterapkan model talking stick aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS  meningkat. Penelitian  ini dilakukan dua siklus terhadap 21 0rang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator. Dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat Aktivitas dan Hasil belajar dinyatakan dengan nilai tertinggi, sedang dan  rendah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model talking stick dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajara siswa pada pembelajaran IPS dikelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II  Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo. Hal ini terlihat dalam penelitian yang menunjukan aktivitas dan hasil belajar siswa yang berjumlah 21 orang siswa, 4 orang perempuan dan 17 orang laki-laki telah melampaui indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% siswa meningkat aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran. Presentase aktivitas dan hasil belajar pada siklus I sebesar 66,66% dengan katagori cukup baik. Selanjutnya, pada siklus II persentase aktifitas dan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 19%, yaitu mencapai 90’47% dengan katagori baik. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, maka penerapan  model tallking stikc pada  mata pelajaran IPS dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II “ yang telah diterapkan telah tercapai  dan rumusan masalah yang menyatakan “Apakah dengan  model talking stick dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam  proses pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II dan  apakah dengan model talking stick dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II  “ telah terpecahkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suprijono. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010
AhadiRulam. Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.
Benidiktus danJeinni Mumu, Penelitian Tindakan Kelas:Pengertian Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Media Akademi, 2016.
Bobsusanto, “Pengertian HipotesisMenurut Para Ahli Terlengkap”, di akses dari http://www.pepengetahuan.com/2016/04/10-pengertian-hipotesis-menurut-para-ahli-terlengkap.html, pada tanggal 8 April 2018 pukul 16.42.
Danim Sudarwan. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabet, 2011.
Depertemen Agama RI. Al qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2009.
Dimayanti dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Eprin.2005.’’NaskahPuplikasi Ilmiah.”http://www.Eprints.Ums.ac.id.Diakses pada Tanggal 3 Mei 2017, pukul 11.40 wib
Fitria Carli Wiseza.2019. Konsep IPS (Menuju Guru IPS Zaman Now). Surabay: Pustaka Media Guru.
Gilib.”Pengertian Aktifitas Belajar.”http://www.pesangilib.Unila. Ac. Id. diakses pada Tanggal 22 April 2018, pukul 14.45.
Isna Noor Izzati, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kuantum”(Skripsi, Program Strata Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009).
Muhibin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Nawawi, Hadari dan Martini Hadari,Instrument Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1992.
Ridwan Sakni. Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan. Palembang: IAIN Raden Fatah Press, 2009.
RTS. Devia, “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick“(Skripsi, Program Strata Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, 2013).
Sapriya. Pendidikan IPS : Pengertian Pendidikan IPS.Bandung:PT Remaja Rosda Karya,2009.
Sudijono.Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Syaiful Bahri Djamara. Psikologi Belajar: Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Tanujaya dan Jeine Mumu. Penelitian Tindakan Kelas: Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.Yokyakarta: Media Akademi
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003, Nomor 4301.
Widia Sari. 2006. “PTK”. http://www.Pesan widia.com.Diakses pada Tanggal 3 April 2018, pukul 15.00 Wib.
Zainal Aqib, DKK. Penelitian Tindakan Kelas SD/MI, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Sari, F., & Wiseza, F. C. (2022). Penerapan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/II Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 21–41. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/el-Madib/article/view/332