Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Materi Perubahan Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen Penelitian Tindakan di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Mujawwidin Kelas V Kecamatan Rimbo Bujang
DOI:
https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i1.591Keywords:
Belajar, Hasil ilmu Pengetahuan Alam, Metode EksperimenAbstract
Penerapan metode eksperimen pada materi pokok materi perubahan sifat-sifat benda di kelas V MI Raudhatul Mujawwidin merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang terdiri dari 2 siklus.Sebelum siswa melakukan tindakan, peneliti memberikan pre-test dengan maksud untuk mengukur tingkat pemahaman awal siswa, peneliti juga memberikan post-test untuk mengukur tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap akhir siklus.Selain itu peneliti juga menggunakan instrumen observasi dan wawancara, untuk mengetahui tingkat keefektifan aktivitas peneliti dan siswa dalam pembelajaran.Hasil penelitian penerapan metode eksperimen ditemukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat-sifat kelas V MI Raudhatul Mujawwidin. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I ke siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata pre-test siswa dari 57,65 menjadi post-test siklus I menjadi 69,70 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 67%. Pada siklus II menjadi 87,05 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91% yang berarti persentase ketuntasan belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 70%. Data hasil observasi peneliti dan observasi siswa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda di kelas V MI Raudhatul Mujawwidin. Hal ini terlihat dari hasil observasi pada siklus I ke siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I27 dengan persentase 60%, sehingga pada siklus II menjadi 33 dengan persentase ketuntasan belajar 73,33 %. Rata-rata observasi peneliti pada siklus I adalah 48 dengan persentase 73,85%, sampai pada siklus II menjadi 58 dengan persentase 89,23%.
Downloads
References
Agama, Departemen, RI. 2006. Alqur’an dan Terjemahan Juz 1-30. Surabaya: Karya Agung
Anonimus.Karakteristik Metode Eksperimen. Diakses dari http://blogdekitriadi.blogspot.com/2012/04/karakteristik-metode-
Eksperimen.htmlrabu, 15 Mei 2013. 10.45 WIB
_________.Pengertian Metode Eksperimen. Diakses dari http://www.kabarmingguan.com/2012/12/pengertian-metode-eksperimen.html rabu, 15 Mei 2013. 10.45 WIB
_________. Kajian Teori Metode Eksperimen. Diakses Dari httpdigilib.uinsby.ac.id14496Bab%202.pdfRabu, 30 November 2016. 20.05 WIB
Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta
Chatib, Munif. 2015. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia Edisi Baru. Bandung: Kaifa
___________. 2016. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara Edisi Baru. Bandung: Kaifa
Danim, Sudarwan. 2002.Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
______________. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hermawan, Asep. 2006. Penelitian Bisnis-Paradigma Kuantitatif.Jakarta: Grasindo.
Hiliani Sipti. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Pemelajaran Dan Hasil Belajar IPA. Universitas Bengkulu
Huda. M. Yadhik. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. IAIN Tulung Agung
Husna, Alinatul. 2013. Implementasi Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Energi Dan Perubahannya.UIN Malik Ibrahim Malang. Pdf
Khusna , Alinatul. Implementasi Metode Eksperimen. Diakses darihttpscatatanbolpoint.files.wordpress.com...proposal-ptk-finished.pdfJum’at, 05 Oktober 2016. 11.15 WIB
Fauziyah dan Andi.2009. Kebenaran Al-qur’an dan Hadis,Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Media Team. 2005. Undang- Undang Replublik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDKNAS (Sistem Pendidikan Nasional).Surabaya: Media Center
Palendeng. 2003. Strategi Pembelajaran AKtif. Jakarta: Rineka CIpta.
Purwanto Ngalim. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta76
Saebani, Beni, Ahmad. 2008.Metode Penelitian, Bandung: Pustaka Setia
Sauhartono Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soedijarto. 1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka
Subiyanto.1990. Strategi Belajar-Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam.Malang: IKIP Malang.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Gesindo
Syah.Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syaodih, N. Sukmadinata. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Udin. S. Winataputra.1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Wingkel, WS. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.