Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Materi Perubahan Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen Penelitian Tindakan di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Mujawwidin Kelas V Kecamatan Rimbo Bujang

Authors

  • Rido Susanti Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Sugeng Kurniawan Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Halimah Tusadiyah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i1.591

Keywords:

Belajar, Hasil ilmu Pengetahuan Alam, Metode Eksperimen

Abstract

Penerapan metode eksperimen pada materi pokok materi perubahan sifat-sifat benda di kelas V MI Raudhatul Mujawwidin merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang terdiri dari 2 siklus.Sebelum siswa melakukan tindakan, peneliti memberikan pre-test dengan maksud untuk mengukur tingkat pemahaman awal siswa, peneliti juga memberikan post-test untuk mengukur tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap akhir siklus.Selain itu peneliti juga menggunakan instrumen observasi dan wawancara, untuk mengetahui tingkat keefektifan aktivitas peneliti dan siswa dalam pembelajaran.Hasil penelitian penerapan metode eksperimen ditemukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat-sifat kelas V MI Raudhatul Mujawwidin. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I ke siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata pre-test siswa dari 57,65 menjadi post-test siklus I menjadi 69,70 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 67%. Pada siklus II menjadi 87,05 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91% yang berarti persentase ketuntasan belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 70%. Data hasil observasi peneliti dan observasi siswa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan sifat benda di kelas V MI Raudhatul Mujawwidin. Hal ini terlihat dari hasil observasi pada siklus I ke siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I27 dengan persentase 60%, sehingga pada siklus II menjadi 33 dengan persentase ketuntasan belajar 73,33 %. Rata-rata observasi peneliti pada siklus I adalah 48 dengan persentase 73,85%, sampai pada siklus II menjadi 58 dengan persentase 89,23%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama, Departemen, RI. 2006. Alqur’an dan Terjemahan Juz 1-30. Surabaya: Karya Agung

Anonimus.Karakteristik Metode Eksperimen. Diakses dari http://blogdekitriadi.blogspot.com/2012/04/karakteristik-metode-

Eksperimen.htmlrabu, 15 Mei 2013. 10.45 WIB

_________.Pengertian Metode Eksperimen. Diakses dari http://www.kabarmingguan.com/2012/12/pengertian-metode-eksperimen.html rabu, 15 Mei 2013. 10.45 WIB

_________. Kajian Teori Metode Eksperimen. Diakses Dari httpdigilib.uinsby.ac.id14496Bab%202.pdfRabu, 30 November 2016. 20.05 WIB

Bahri, Syaiful. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta

Chatib, Munif. 2015. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia Edisi Baru. Bandung: Kaifa

___________. 2016. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara Edisi Baru. Bandung: Kaifa

Danim, Sudarwan. 2002.Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

______________. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hermawan, Asep. 2006. Penelitian Bisnis-Paradigma Kuantitatif.Jakarta: Grasindo.

Hiliani Sipti. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Pemelajaran Dan Hasil Belajar IPA. Universitas Bengkulu

Huda. M. Yadhik. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. IAIN Tulung Agung

Husna, Alinatul. 2013. Implementasi Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Energi Dan Perubahannya.UIN Malik Ibrahim Malang. Pdf

Khusna , Alinatul. Implementasi Metode Eksperimen. Diakses darihttpscatatanbolpoint.files.wordpress.com...proposal-ptk-finished.pdfJum’at, 05 Oktober 2016. 11.15 WIB

Fauziyah dan Andi.2009. Kebenaran Al-qur’an dan Hadis,Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Media Team. 2005. Undang- Undang Replublik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDKNAS (Sistem Pendidikan Nasional).Surabaya: Media Center

Palendeng. 2003. Strategi Pembelajaran AKtif. Jakarta: Rineka CIpta.

Purwanto Ngalim. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta76

Saebani, Beni, Ahmad. 2008.Metode Penelitian, Bandung: Pustaka Setia

Sauhartono Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Soedijarto. 1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka

Subiyanto.1990. Strategi Belajar-Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam.Malang: IKIP Malang.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Gesindo

Syah.Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syaodih, N. Sukmadinata. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Udin. S. Winataputra.1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Wingkel, WS. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Susanti, R., Kurniawan, S., & Tusadiyah, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Materi Perubahan Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen Penelitian Tindakan di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Mujawwidin Kelas V Kecamatan Rimbo Bujang. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–25. https://doi.org/10.51311/el-madib.v3i1.591