Membentuk Generasi Emas: Peran Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas 4 SDN 83 Rimbo Mulyo

Authors

  • Widia Gita Safira Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Siti Khamim Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Ela Widya Kusuma Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Muthoharotun Umi Hani Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Muhammad Ibrohim Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.917

Keywords:

Strategi Guru Kelas, Karakter Siswa, Generasi Emas, Sekolah Dasar

Abstract

Pembentukan karakter sejak usia dini menjadi pondasi penting dalam mencetak generasi emas yang berdaya saing, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Dalam konteks pendidikan dasar, guru kelas memiliki peran strategis sebagai figur teladan dan agen pembentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam membentuk karakter siswa kelas IV di SDN 83 Rimbo Mulyo. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas tidak hanya berperan sebagai pendidik dalam aspek kognitif, tetapi juga sebagai pembina moral dan sosial siswa. Guru menerapkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, jujur, dan kerja sama melalui pembelajaran terintegrasi, kegiatan harian, dan pendekatan personal. Guru juga membangun komunikasi yang baik dengan orang tua untuk mendukung penguatan karakter di lingkungan rumah. Tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, perbedaan latar belakang siswa, serta pengaruh lingkungan luar sekolah. Meski demikian, guru menunjukkan upaya berkelanjutan melalui keteladanan, konsistensi aturan, dan pemanfaatan kegiatan sekolah seperti upacara, kerja bakti, dan lomba sebagai sarana pembentukan karakter. Kesimpulannya, peran guru kelas sangat signifikan dalam membentuk karakter siswa, dan keterlibatan aktif guru dalam pembelajaran serta kehidupan siswa di sekolah menjadi kunci dalam mewujudkan generasi emas di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Widodo, “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan”, dalam Conference Series, vol. 4, no. 5.

Diyah Ayu Ardianti, et.al. “Strategi Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Siswa”. dalam Journal of Elementary School, vol.1, no. 2.

Enung Nurhasanah, et.al. “Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pembentukan Karakter Siswa”. dalam Evaluasi dan Kajian Strategi Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1.

Erni Murniarti, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan, (Bandung: Widina Media Utama), h. 1-3.

Heru Fradana, “Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani Tentang Pendidikan Karakter: Analisis Kritis dalam Konteks Kurikulum Merdeka”, dalam Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, vol. 5, no. 1, h. 70.

Marlina Wally. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa”. dalam Studi Islam, vol. 10, no. 1.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Nuraini Alkhasanah, et.al. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD”. dalam Ilmu Pendidikan Citra Bakti, vol. 10, no. 2.

Siti Khamim, et.al. “Kompetensi Profesional Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muara Bungo”. dalam Taujih Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2.

Sitti Mania, “Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran”, dalam Lentera Pendidikan, vol. 11, no. 2.

Suryadi, Strateg Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Safira, W. G., Khamim, S., Kusuma, E. W., Hani, M. U., & Ibrohim, M. (2025). Membentuk Generasi Emas: Peran Strategi Guru Kelas dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas 4 SDN 83 Rimbo Mulyo. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 58–71. https://doi.org/10.51311/el-madib.v5i1.917