Konsep Akhlak dalam Kitab Ayyuhal Walad dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Hermansyah Hermansyah Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Wiwin Narti Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Siti Azizatul Lazinatussifah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/el-madib.v1i2.794

Keywords:

Konsep akhlak al-Ghazali, Kitab Ayyuhal Walad, Relevensi Pendidikan Karakter Usia Dini

Abstract

Kitab Ayyuhal Walad merupakan kitab karya al-Ghazali yang bersisi nasihat serta kepada muridnya. Kitab tersebut beisi mengenai pendidikan karakterl moral dalam kehidupan. Kitab tersebut tersebut memiliki relevensi terhadap pendidikan karakter pendidikan anak usia dini. dapat dilihat sebagaiman yang ditunjukan oleh imam al-Ghazali mengenai moral, pentingnya kasih sayang, kesederhanaan, keteladanan. Hal tersebut merupakan sangat penting bagi pendidikan anak usia dini dalam membangun karakternya untuk kehidupan setelahnya. Selain itu juga kitab tersebut menganjurkan untuk menghormati orang tua dan guru, serta memberikan contoh yang baik bagi anak-anak sejak usia dini. Penelitian ini penelitian pustaka ( Library research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan melakukan mengumpulkan data dari berbagai literatur dalam perpustakaan dan lainnya. Literatur yang digunakan tidak terbatas hanya pada buku-buku melainkan dapat berupa bahan jurnal, dan sekripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana pendekatan kualitatif untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari fenomena yang diteliti sehingga memudahkan nuntuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka Pendidikan karakter menurut ki hadjar dewantara dalam pandangan Pendidikan islam. Hasil penelitian menunjukan pemikiran pendidikan karakter al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad sangat memiliki relevansinya terhadap pendididikan karakter anak usia dini. relevansinya seperti pendidikan akhlak yang diajarkan oleh Imam al-Ghazali sangat penting untuk anak-anak usia dini. didalam Kitab tersebut menganjurkan untuk mendidik dengan kasih dan sayang dan perhatian yang lebih. Selain itu mengajarkan kepada anak usia dini untuk berlaku jujur, teladan, sederhana, konsistensi dalam berbuat kebaikan dan kebijaksanaan. Imam al- Ghazali juga menunjukan untuk menyeimbangkan antara dunian dan akhirat serta memilki rasa patuh terhadap guru dan kedua orang tua. Hal itu merupakan sikap yang harus dimiliki oleh anak-anak sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, Alwazir. “Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” Jurnal Asy-Syukriyyah 19, no. 1 (2018): 31–49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22.

Abd Khaliq, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kitab Ayyuhal Walad; Konstruksi Pemikiran Imam Al-Ghazali,” vol. 2, no. 1.

Achmad Sunaro, “Ayyuhal Walad Nasihat-Nasihat Imam Al-Ghazali Kepada para Muridnya,” (Surabaya: Mutiara Ilmu, 2014).

Ahmad, Suryana. ”Metode Penelitian Kualitatif," vol. 3, no. 17 (2017), http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf.

Ali Muhyiddin Ali Al-Qarrah Daghi, Ayyuhal Walad Naihat Imam Al-Ghazali untuk para Penuntut Ilmu (Solo: Pustaka Arafah, 2019).

Al-Imam Hujjatul Islam Abu Hamid al-Ghazali, Ayyuhal Walad Terj:Syeikh Ahmad Fahmi bin Zamzam, (Malaysia : Khazanah Banjariah Maahad Tarbiyah Islamiyah, Cetakan 4, 2018).

Azty, Alnida, et al., “Hubungan Antara Aqidah Dan Akhlak Dalam Islam,” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 1, no. 2 (2018): 122–26, https://doi.org/10.34007/jehss.v1i2.23.

Bupati Sidenreng Rappang and Provinsi Sulawesi Selatan, “PERDA NO.1 Th 2020 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini” 2014 (2020): 1–17.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2018).

EIS Dahlia, “Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali” (Skripsi, Program Sarjana Pendidikan UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Fiddini, Muktazzah. “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih (Studi Kitab Tahdzib Al-Akhlak),” 2007, 1–261.

Fadlillah, Muhammad, dan Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2020).

Faqih Al, “Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syaikh Muhammadd Syakir Dibandingkan dengan Konsep K.H. Bisri Mustofa dalam Kitab Wasaya Al-Aba Lil Abna,” (Skripsi, Program Sarjana Pendidikan UIN Syarif Hiddayatullah JAKARTA, 2019).

Fatihadul Wahidah. Umu. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam al-Ghazali”. Tarbiyah dan Keguruan UIN Purwokerto, 2022.

Hafijin A, Muhammad. “Konsep Pendidikan Karakter Anak Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad,” Al Falah, no. 1 (2018): 30-57. Diakses pada tanggal 21 Februari 2024

Hayati, Fitroh. “Pendidikan Karakter Berbasis Islam,” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7, no.1 (2018): 67–74, https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3764.

Helmi, Syafrizal dan Muslich Lufti, "Analisis Data", (Medan: USU Press, 2014). Nugroho Warasto, Hestu. “Pembentukan Akhlak Siswa,” Jurnal Mandiri 2, no. 1 (2018): 65– 86, https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.32.

Ibrahim Bafadhol, “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam”, No. 12 (2017). Marzuki, Pendidikan Karakter Islami, (Jakarta: Amzah, 2015).

M. Furqon Hidayatullah, “Penelitian Kepustakaan”, vol. 05, no. 01, (2022): 145, h. 39. Miswar, et.al., Akhlak Tasawuf: Membangun Karakter Islami (Medan:Perdana Publishing, 2015).

Rahmawati, Miya. “Mendidik Anak Usia Dini dengan Berlandaskan Pemikiran Tokoh Islam Al-Ghazali,” vol. 2, no. 2.

Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani, “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2019): 50–57.

Ngatiman Ngatiman and Rustam Ibrahim, “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 18, no. 2 (2018): 213–28, https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.949.

Nurhayati, “Akhlak Dan Hubungannya Dengan Aqidah Dalam Islam Nurhayati 1.” N.d., 289- 309.

Purnia, Dini Silvi, et al., “Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website” 8, no. 2 (2020).

Qaimi Ali, Menggapai Langit Masa Depan Anak, (Bogor: Penerbit Cahaya, 2002).

Redaksi Citra Umbara, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Citra Umbara, 2003).

Romdaniah, Leli. "Konsep Akhlak Dalam Kitab Ayyuhal Walad Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini" (Skripsi, Program Sarjana Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022).

Suryadi dan Maulidya Ulfah, Konsep Dasar PAUD, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013). Taulany, Himmah, and Swantyka Ilham Prahesti, “Media Pembelajaran Wayang Huruf Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun,” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 1, no. 2 (2019): 71.

Tohidi, Abi Iman. “Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad,” OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, vol. 2, no. 1.

Yuniati, Ulfa. “Metode Penulisan Laporan KKP,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2021, 2013–15.

Published

2021-09-15

How to Cite

Hermansyah, H., Narti, W., & Lazinatussifah , S. A. (2021). Konsep Akhlak dalam Kitab Ayyuhal Walad dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 135–162. https://doi.org/10.51311/el-madib.v1i2.794